Belakangan ini viral seorang selebgram asal Rusia, Alesya Kafelnikova yang potret tanpa busananya menghebohkan netizen. Foto tersebut diambil di Bali bersama dengan seekor gajah yang diunggah pada 12 Februari 2021 lalu.

Gambar yang dicap tertalu vulgar itu dilaporkan kepada pihak yang berwajib. Alesya pun sempat diperiksa pihak kepolisian setempat pada hari Selasa (23/02/21) lalu. 

Hasil dari pemanggilan selebgram wanita itu, Alesya diminta untuk menghapus foto tersebut dan dianggap bukan konten berbau pornografi. Alesya menjelaskan tujuan mengunggah foto tanpa busana sambil menunggang gajah adalah karya seni.

"Kita memanggil karena sempat viral di medsos, kita konfirmasi alasan dia buat postingan itu, ternyata dia buat postingan itu bukan untuk hal yang vulgar tapi sebagai karya seni, dia pekerja seni melihatnya sebagai sebuah seni dan kecintaan terhadap binatang dan alam," ungkap Suinasi, Kasubdit V Ditreskrimsus Polda Bali (26/02/21).

Atas kasus ini, Alesya Kafelnikova enggak dituntut tindak pidana dan enggak ada proses secara hukum berlanjut. Ia hanya diminta untuk menghapus dan meminta maaf karena unggahannya enggak sesuai dengan norma yang berlaku di Indonesia.

Permintaan maaf secara terbuka ini sudah Alesya sampaikan lewat akun Instagramnya. Dalam keterangan di salah satu unggahan Instagramnya, Alesya mengatakan bahwa pengambilan foto tersebut antara lain untuk donasi amal yang ia lakukan yang hasilnya akan diberikan kepada penduduk setempat.

"Jika orang tidak tahu bahwa saya sudah melakukan amal selama bertahun-tahun dan salah satu donasi terakhir saya adalah dukungan finansial untuk hewan dan penduduk setempat di desa, di mana saya mengambil foto-foto ini.

"Sangat disayangkan bahwa orang melihat ini sebagai hal yang vulgar, dan bukan keindahan serta cinta alam. Saya suka binatang, saya suka gajah! Saya suka sekali Bali !!!" tulis Alesya.

"Mohon maaf jika Anda melihat hal lain dalam hal ini," tutupnya.