Menu

Jangan Dibiarkan, Ini Ciri-ciri Benjolan yang Termasuk Gejala Kanker Limfoma Hodgkin, Jangan Dibiarkan ya Moms!

25 Oktober 2023 23:50 WIB
Jangan Dibiarkan, Ini Ciri-ciri Benjolan yang Termasuk Gejala Kanker Limfoma Hodgkin, Jangan Dibiarkan ya Moms!

Ilustrasi Kanker Limfoma (Freepik.com/EditedByHerstory)

HerStory, Jakarta —

Moms benjolan dalam tubuh memang harus diwaspadai karena bisa saja jadi tanda bahaya. Sama halnya jika benjolan tersebut muncul di area kelenjar getah bening. Hal itu bisa saja jadi gejala kanker limfoma hodgkin. 

Benjolan itu terjadi akibat pembesaran kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau pangkal paha.

Dokter spesialis hematologi dan onkologi Medik dr. Johan Kurnianda, Sp.PD. KHOM., menjelaskan bahwa ada ciri khusus dari benjolan akibat kanker limfoma hodgkin.

"Apakah benjolan itu menimbulkan rasa nyeri atau tidak. Kedua, benjolan itu diraba kemudian digoyangkan. (Kalau gejala kanker) maka benjolannya tidak tergoyahkan," kata dokter Johan dalam diskusi virtual beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, tekstur benjolan akibat kanker limfoma hodgkin cenderung kenyal dan biasanya terdapat luka di sekitarnya. Apabila sudah seperti itu, dokter Johan mengingatkan agar segera periksakan diri ke dokter.

Karena, seperti sifat kanker pada umumnya, apabila tidak tertangani dengan medis, maka bisa menyebar dengan cepat. Benjolan itu juga akan membesar dengan cepat.

"Biasanya kita menganggap suatu benjolan itu menjadi sesuatu yang serius untuk diperhatikan apabila ukurannya 1 cm atau lebih. Ini bukan sesuatu ukuran mati, tapi menjadi acuan," ujarnya.

Meskipun ragu apakah benjolan terkait kanker limfoma hodgkin atau bukan, dokter Johan tetap menyarankan untuk periksa ke dokter.

Baca Juga: Deretan Pengobatan untuk Penderita Kanker Kelenjar Getah Bening, Ternyata Bukan Kemoterapi!

Baca Juga: Serba Serbi Kanker Limfoma, Beauty Harus Tahu Penyebab dan Gejalanya, Yuk Simak!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan