Menu

Usia 40 Masih Bisa Hamil? Cusss Moms Simak Cara Gaya Hidup yang Bisa Memperpanjang Usia Subur Pada Wanita, Penting Nih!

26 Oktober 2023 21:25 WIB
Usia 40 Masih Bisa Hamil? Cusss Moms Simak Cara Gaya Hidup yang Bisa Memperpanjang Usia Subur Pada Wanita, Penting Nih!

Ilustrasi ibu hamil. (HerStory/Wafi)

HerStory, Jakarta —

Moms semua wanita bisa memilih untuk tak menikah atau tak hamil, tapi wanita tak akan pernah bisa menghindari menopause. Biasanya terjadi di rentang usia 40-50 tahun. Tak heran banyak pernyataan yang mengungkapkan para wanita tak disarankan hamil di atas 40 tahun. 

Hal ini karena menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter, ternyata saat wanita sudah mengalami menopause maka hormonnya akan berkurang.

"Berkurangnya produksi hormon kewanitaan seiring penuaan, yang membuat produksi dan pelepasan sel telur oleh ovarium pun terhenti, sehingga tidak lagi terjadi menstruasi. Seringnya, menopause merupakan suatu proses yang alamiah, namun bisa juga dipercepat oleh beberapa faktor, seperti pengobatan kanker, histerektomi (operasi pengangkatan rahim), dan insufisiensi ovarium primer," jelas dr. Nadia dikutip Herstory, Kamis (10/26/2023).

Meski tak ada penelitian yang menyebutkan tentang bagaimana cara menunda menopause, Moms yang masih ingin memiliki momongan meski usianya sudah lebih dari 40 tahun, ternyata ada cara untuk perpanjang usia subur.

Mengutip dr. Nadia, inilah beberapa langkah untuk perpanjang rentang usia subur wanita berdasarkan beberapa literatur:

  1. Pastikan tidur dengan waktu yang cukup dan teratur, jangan begadang.
  2. Rutin olahraga, biasakan setiap 2-3 hari sekali selama 30 menit.
  3. Jaga berat badan agar tetap ideal.
  4. Bijak kelola stres, perbanyak relaksasi.
  5. Pastikan menjaga pola makan, Moms bisa konsumsi makanan tinggi oksidan, seperti buah, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayur mayur. Jauhi makanan tinggi gula, lemak jahat, dan makanan ultra proses.
  6. Rajin konsumsi air putih
  7. Jauhi rokok dan NAPZA.

Meski begitu, perlu ditekankan Moms, semua gaya hidup ini pasti direspon berbeda-beda oleh setiap orang. Jika Moms memang ingin memiliki momongan saat usia sudah di atas 40 tahun, dr. Nadia menyarankan untuk Moms memikirkannya kembai.

Baca Juga: Selain Masalah Hubungan Intim, Ini Tips untuk PakSu Saat Menghadapi Istri yang Menopause, Waspada dengan Perubahan Suasana Hatinya!

Baca Juga: Benarkah Menopause Bisa Sebabkan Vagina Kering dan Infeksi Saluran Kencing? Simak Moms Cara Mencegahnya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan