Menu

Mitos atau Fakta Bra Kawat Bisa Sebabkan Kanker Payudara? Dokter Onkologi Beri Penjelasan...

01 November 2023 23:20 WIB
Mitos atau Fakta Bra Kawat Bisa Sebabkan Kanker Payudara? Dokter Onkologi Beri Penjelasan...

Solidaritas peduli kanker payudara. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms tahukah kamu, ternyata kanker payudara merupakan kasus kanker tertinggu di seluruh dunia lho. Moms harus waspada terhadap pertumbuhan sel abnormal di bagian payudara karena bisa bermutasi menjadi gumpalan daging , itulah yang disebut dengan kanker atau tumor.

Meski kesadaran akan kanker payudara sudah meningkat dibandingkan sebelumnya, ini juga telah membuat banyak mitos dan fakta yang beredar memberikan informasi-informasi mengenai kanker payudara. Salah satu mitos yang beredar di dalam masyarakat yaitu kanker payudara hanya terjadi pada perempuan. Nyatanya, kanker payudara juga bisa terjadi pada laki-laki meski risikonya jauh lebih kecil dibandingkan wanita.

Tidak berhenti disitu, ada juga mitos yang beredar bahwa penggunaan bra dengan kawat merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Penggunaan bra dengan kawat dinilai lebih baik dalam menahan payudara karena sifatnya yang lebih ketat dan kencang, namun apakah benar anggapan bahwa penggunaannya bisa menyebabkan kanker payudara?

Adakah Hubungan Bra dan Kanker Payudara?

Untuk orang yang memiliki riwayat kanker payudara, mungkin akan merasa resah ketika mendengar informasi jika penggunaan bra kawat bisa sebabkan kanker payudara. Anggapan ini datang karena penggunaan bra kawat yang ketat bisa menjadi pemicu dari kanker. 

Meski sudah beredar di masyarakat, menurut keterangan resmi yang diterima oleh Herstory dari dr. Budi Harapan Siregar, Sp.B (K)Onk sebagai Konsultan Onkologi Eka Hospital Bekasi, ternyata anggapan ini hanyalah sebuah mitos. Penggunaan bra yang ketat mungkin bisa menimbulkan rasa nyeri jika terlalu sering dikenakan, namun hal tersebut tidak dipercaya untuk cukup kuat dalam menyebabkan kanker. Tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk bisa membuktikan jika bra kawat menyebabkan kanker payudara.

Baca Juga: Waspada Beauty, Ini 4 Ciri Kanker Payudara Stadium Awal, Yuk Periksa Sejak Dini!

Baca Juga: 4 Pola Makan yang Harus Diterapkan Pengidap Kanker Payudara, Penting Banget untuk Menghindari Konsumsi Makanan Ultra Proses!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan