Menu

Deretan Brand Pilihan Konsumen yang Terpilih Jadi Brand Choice Award for Health & Beauty 2023 dan Brand Choice Award for Home & Living 2023

03 November 2023 18:45 WIB
Deretan Brand Pilihan Konsumen yang Terpilih Jadi Brand Choice Award for Health & Beauty 2023 dan Brand Choice Award for Home & Living 2023

Brand Choice Award for Health & Beauty 2023 dan Brand Choice Award for Home & Living 2023 (dok. istimewa)

HerStory, Jakarta —

Moms pernah terpikirkan gak, kira-kira brand apa saja yang banyak dipilih oleh konsumen setiap kategorinya.

Usut punya usut brand yang dikategorikan dalam  kategori health & beauty dan home & living ini menjadi paling banyak dibeli oleh konsumen Indonesia berbarengan dengan brand dari kategori Food & Beverage, Electronics, dan Fashion.

Industri kecantikan dan kesehatan Tanah Air berkembang begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Sepanjang semester I-2023 saja, pertumbuhan di industri kecantikan dan Kesehatan mengalami peningkatan sebesar 5%, sementara produk Home & Living diprediksi tak akan kalah pamor. Apalagi saat ini gaya hidup seseorang telah berubah secara signifikan, didorong oleh perubahan gaya hidup konsumen yang semakin fokus pada kenyamanan, keberlanjutan, dan estetika sebuah hunian.

“Ditambah kehadiran platform penjualan di ranah digital, terutama marketplace kini tidak dapat ditinggalkan. Tingginya aktivitas belanja online di kalangan masyarakat merupakan peluang besar untuk memperkelankan sebuah produk langsung kepada calon konsumen,” kata Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID, di Jakarta.

Menurut dia, menghadirkan official store di marketplace pun menjadi keharusan, untuk membangun brand awareness dan meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Tidak hanya itu, officialstore juga menjadi senjata ampun untuk berkompetisi dengan brand lain di kategori produk yang sama.

Sebagai channel penjualan digital, official store di marketplace juga menjadi alat untuk memahami respon konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Bahkan melalui review konsumen, brand dapat menangkap ide untuk mengembangkan produknya agar menjadi lebih baik.

“Dan yang tidak kalah penting adalah, melalui penjualan yang terjadi, brand dapat mengukur tingkat keterpilihan dari produk yang ditawarkan,” ujarnya.

Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengungkapkan, di tengah banyaknya brand- brand di segmen produk Health & Beauty dan Home & Living yang ikut berlomba untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Tentunya ada brand-brand di segmen produk tersebut yang telah berhasil mendapatkan tempat istimewa dalam hati para konsumennya

Oleh karena itu, INFOBRAND.ID bersama TRAS N CO Indonesia kembali menyelenggarakan proses riset dan penilaian Brand Choice Index for Health & Beauty dan Brand Choice Index for Home & Living. Riset ini dilakukan untuk mengukur keberhasilan brand-brand yang berhasil menjadi brand pilihan konsumen khusus di kategori Health & Beauty dan Home & Living.

Pasalnya, lanjut dia, untuk menjadi brand pilihan konsumen memang tidak mudah, setiap brand memiliki tantangan unik yang harus dihadapi, tetapi dengan perencanaan yang baik, pemahaman pasar, dan komitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk atau layanan, kesulitan- kesulitan tersebut bisa diatasi.

“Hal inilah yang mendasari TRAS N CO Indonesia menyelenggarakan serangkaian proses riset dan penilaian Brand Choice Index for Health & Beauty 2023 dan Brand Choice Index for Home & Living 2023 pada Juli -September 2023, untuk mengukur brand-brand yang berhasil menjadi pilihan konsumen di kategori Health & Beauty dan Home & Living,” ujarnya.

Berdasarkan riset tersebut, kata Tri lagi, untuk produk Health & Beauty terdapat 1.029 brand/produk teriset dengan 143 kategori. Tercatat sebanyak 79,7 juta transaksi, dengan lebih dari 49,5 juta ulasan konsumen yang memberikan rating penilaian rata-rata di 4,77.

"Sementara untuk produk Home & Living terdapat 1.339 brand/produk teriset, dengan 160 kategori produk, yang mencatatkan 33,4 juta transaksi, dengan ulasan konsumen sebanyak 18,5 juta, dan rating penilaian rata-rata yang diberikan konsumen sebesar 4,79," jelasnya.

Adapun, untuk 10 produk untuk kebutuhan Kesehatan dan kecantikan dengan transaksi terbanyak, ulasan serta rating. Pertama, kategori BODY LOTION, dengan 4,4 juta transaksi, 2,9 juta ulasan dan rating rata-rata 4,90. Kemudian kategori SERUM WAJAH dengan 3,5 juta transaksi, 2,3 juta ulasan dan rating 4,90, kategori LIPSTIK dengan 3,3 juta transaksi, 2,2 juta ulasan dan rating 4,90, kategori LIP CREAM dengan 3,1 juta transaksi, 2 juta ulasan dengan rating rata-rata 4,90.

Selanjutnya kategori FACIAL WASH dengan 2,6 juta transaksi, 1,7 juta ulasan dan rating 4,90. Kategori SHAMPOO dengan 2,3 juta transaksi, 1,8 juta ulasan dan rating 4,90. Kategori MASCARA dengan 2,2 juta transaksi, 1,5 juta ulasan dan rating 4,89.

Kemudian kategori FACIAL FOAM dengan 2,2 juta transaksi, 1,4 juta ulasan dan rating 4,90. Kategori SUNSCREEN dengan 2,2 juta transaksi, 1,4 juta ulasan dan rating 4,90. Terakhir, kategori DEODORANT dengan 2,1 juta transaksi, 1,4 ulasan dan rating 4,90.

Baca Juga: Selalu Jadi Pilihan Keluarga, Inilah Deretan Brand Peraih Brand Choice Award for Mom & Kids 2023, Ada Favorit Moms dan Si Kecil Gak?

Baca Juga: Apresiasi Brand Pilihan Konsumen, INFOBRAND.ID Selenggarakan BRAND CHOICE AWARD 2023, Ini Daftar Pemenangnya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.