Menu

Makanan Mengandung Probiotik Disebut Ampuh untuk Atasi Keputihan, Simak Yuk Khasiatnya!

07 November 2023 16:25 WIB
Makanan Mengandung Probiotik Disebut Ampuh untuk Atasi Keputihan, Simak Yuk Khasiatnya!

Ilustrasi vagina yang mengalami keputihan (Pexel/Ivan Babydov)

HerStory, Jakarta —

Moms apakah kamu pernah mendengar mitos keputihan bisa diatasi dengan probiotik?

Sebelumnya, menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter menyebutkan jika probiotik merupakan mikroorganisme yang bermanfaat untuk tubuh selama dikonsumsi dalam jumlah sesuai.

"Beberapa spesies yang digunakan sebagai probiotik yaitu bakteri penghasil asam laktat seperti lactobacillus, bifidobacterium dan streptococcus serta bakteri penghasil non-asam laktat seperti bacillus dan propionibacterium," jelas dr. Riza dikutip Herstory, Selasa (11/7/2023).

Di sisi lain, untuk manfaat prebiotik sendiri itu banyak lho untuk kesehatan, mulai dari untuk diare hingga untuk jaga kesehatan di bagian reproduksi.

"Manfaat probiotik bagi kesehatan yang sudah banyak diteliti ialah untuk penanganan diare, penanganan intoleransi laktosa, pengurangan infeksi saluran kemih serta diduga juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan saluran reproduksi," jelas dr. Riza.

Sementara itu, terkait manfaat probiotik untuk keputihan pada wanita itu sudah dibuktikan oleh berbagai studi.

"Rendahnya jumlah lactobacillus vaginal berkaitan dengan kejadian keputihan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. dimana probiotik ini dapat bekerja menghambat pembentukan dan penempelan bakteri keputihan tersebut," jelas dr. Riza.

Nah, asupan probiotik baik secara oral maupun dari makanan atau suplemen bisa berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan keputihan yang disebabkan oleh bakteri.

Baca Juga: Bisa Karena Infeksi Parasit, Ini 4 Penyebab Lain yang Sebabkan Keputihan Tak Normal, Tiati ya Moms!

Baca Juga: Keputihan Berwarna Coklat Bisa Jadi Menandakan Kanker Serviks, Kok Bisa?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan