Menu

4 Alasan Infeksi Jamur di Tubuh Tak Kunjung Hilang, Nomor 3 Masih Sering Diabaikan!

07 November 2023 17:59 WIB
4 Alasan Infeksi Jamur di Tubuh Tak Kunjung Hilang, Nomor 3 Masih Sering Diabaikan!

ilustrasi infeksi jamur di kulit (freepik.com/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty apakah kamu memiliki infeksi jamur di salah satu bagian tubuhmu? Menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter, infeksi jamur dalam tubuh itu bisa disebabkan oleh jamur yang bersarang.

"Beberapa jenis jamur dapat hidup di kulit dan organ dalam tubuh manusia, pada orang sehat jamur tersebut biasanya tidak menimbulkan penyakit, namun jamur akan menimbulkan infeksi jika kebersihan tubuh kurang terjaga serta juga rentan terjadi pada orang dengan daya tahan tubuh lemah. infeksi jamur kulit biasanya terjadi di area kulit yang lembap," jelas dr. Riza dikutip Herstory, Selasa (11/7/2023).

Jika Beauty memiliki infeksi jamur yang ada dalam tubuh tak perlu khawatir karena bisa ditangani secara mandiri lho. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah mengoleskan obat topikal atau salep/cream yang ada di apotik. Beauty bisa mengoleskannya di pagi dan malam hari, minimal dalam 2 minggu ya.

Di sisi lain, kamu juga harus tahu penyebab infeksi jamur tak kunjung sembuh meski sudah diobati. Menurut dr. Riza inilah beberapa alasan penyebab infeksi jamur di tubuh.

1. Penggunaan obat

Moms ternyata infeksi jamur bisa menyebar jika menggunakan obat dengan tak benar lho. Sebaiknya kamu mengoleskan obat secara melingkar, lebihkan sedikit di sekitar kulit yang sehat di sekitar ruam.

"Jadi dari luar dulu oleskan menuju ke dalam," jelas dr. Riza.

2. Kontak dengan barang terkontaminasi jamur

Infeksi jamur bisa terjadi pada kulit, jika Beauty tak menjaga kebersihan. Salah satunya kontak dengan penyebab penularan. Bisa dari penggunaan barang pribadi secara bersama, maupun tak mencuci tangan setelah menyentuh ruang infeksi.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.