Menu

Ini Penyebab Seorang Wanita Turun Peranakan, Tiati ya Moms!

08 November 2023 20:00 WIB
Ini Penyebab Seorang Wanita Turun Peranakan, Tiati ya Moms!

Ilustrasi pasangan suami istri yang sedang berhubungan intim. (Google/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, tahukah kamu, ternyata seorang wanita pun memiliki risiko mengalami kondisi turun peranakan atau prolaps uteri. Menurut dr. Riska Larasati di laman Alodokter, turun peranakan itu bisa terjadi saat penyangga rahim fungsinya melemah.

"Turun peranakan atau juga disebut dengan prolaps uteri merupakan suatu kondisi dimana otot dan jaringan penyangga rahim mengalami kelemahan sehingga menyebabkan rahim keluar dari vagina dan menimbulkan suatu penonjolan," jelas dr. Riska dikutip Herstory, Rabu (11/8/2023).

Selain itu, prolaps uteri pun dikenal sebagai kondisi turun berok. Biasanya terjadi pada seseorang yang usianya sudah tua, sudah mengalami menopause, dan memiliki riwayat melahirkan normal.

"Faktor risiko keluhan terjadi pada melahirkan pervaginam dengan berat janin besar, usia bertambah, kadar estrogen turun, melakukan operasi panggul, menderita obesitas, sembelit kronis, sering mengangkat beban berat, batuk kronis dan sebagainya," jelas dr. Riska saat menjelaskan faktor risiko turun peranakan.

Di sisi lain, Moms perlu hati-hati karena awalnya turun peranakan itu tak bergejala. Adapun jika bergejala, biasanya akan merasa tak nyaman saat berjalan, nyeri saat berhubungan, terasa penuh di panggu, nyeri di bagian panggul, keluar darah/cairan dari vagina, keluar jaringan menonjol ke luar vagina, dan gangguan buang air kecil

"Untuk mengatasi keluhan, perlu didiagnosis oleh dokter kandungan terlebih dahulu untuk menentukan kondisi dan penanganan yang akan dilakukan," tutur dr. Riska.

Untuk pengobatannya sendiri, akan disesuaikan dengan tingkat keparahan kondisinya, "Pada turun peranakan ringan yang tidak bergejala atau hanya bergejala ringan, dokter akan menganjurkan perawatan mandiri yang dapat dilakukan di rumah. Pada kondisi ringan, perawatan mandiri dapat dilakukan untuk mencegah keluhan memberat seperti penurunan berat badan, mengatasi sembelit, serta latihan otot panggul yaitu dengan senam kegel."

Baca Juga: Moms, Ini 4 Hal yang Sebabkan Turun Peranakan, Cusss Simak Cara Mengatasinya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan