Menu

Ini Tips Pola Makan yang Tepat untuk Penderita Diabetes, Hipertensi, dan Asam Urat Langsung dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam

10 November 2023 18:46 WIB
Ini Tips Pola Makan yang Tepat untuk Penderita Diabetes, Hipertensi, dan Asam Urat Langsung dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Makanan sehat. (Pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, jika kamu merupakan salah satu penderita diabetes dengan risiko asam urat dan hipertensi yang tinggi, maka sebaiknya perhatikan pola makan Anda! Ketiga penyakit tersebut memang memiliki faktor risiko yang berbeda-beda, namun ketiganya sama-sama dapat kambuh dan bertambah buruk melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk memulai pola diet yang sesuai agar terhindar dari risiko diabetes, asam urat, dan hipertensi. Penderita diabetes disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan akan tinggi gula, untuk asam urat disarankan untuk menurunkan konsumsi makanan tinggi akan kandungan purin, serta hipertensi disarankan untuk menurunkan kadar kolesterol serta garam.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima oleh Herstory, menurut dr Hady, M.Med (Int.Med), Sp.PD yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital Pekanbaru, ternyata ada beberapa tips pola makan sehat yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, hipertensi, dan asam urat.

1. Hindari buah akan tinggi fruktosa

Penderita diabetes biasanya disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan karena bagus sebagai sumber gula alami yang dibutuhkan oleh mereka. Namun beberapa jenis buah memiliki kandungan fruktosa yang tinggi, yaitu jenis gula di dalam buah yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Beberapa buah yang tinggi akan fruktosa yaitu apel, pisang, anggur, mangga, hingga semangka.

Agar menghindari kadar asam urat tidak meningkat, sebaiknya konsumsi buah yang memiliki kandungan fruktosa yang jauh lebih sedikit, seperti jenis buah-buahan citrus (jeruk, lemon, dll), kiwi, beri, hingga persik.

2. Pilih menu kaya akan serat

Serat adalah salah satu nutrisi memiliki peran penting dalam tubuh, yaitu untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tetap lancar dan sehat. Selain manfaatnya untuk sistem pencernaan, serat juga dipercaya dapat membantu mengendalikan kadar asam urat di dalam tubuh Anda, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes yang memiliki asam urat.

Selain itu, serat juga memiliki manfaat untuk menyerap lemak berlebih dalam tubuh sehingga bisa menurunkan risiko dari hipertensi. Beberapa makanan yang kaya akan kandungan serat antara lain yaitu jenis sayur-sayuran seperti timun, brokoli, dan jenis buah-buahan seperti jeruk dan pir.

3. Cukupi kebutuhan air putih harian

Asam urat bisa larut dan mengendap di dalam darah, namun bisa dikeluarkan melalui urine. Oleh karena itu jaga kesehatan ginjal dengan baik untuk mencegah asam urat bisa kambuh. Terlebih lagi dalam kondisi diabetes dan hipertensi, Anda memiliki risiko yang lebih tinggi untuk bisa mengalami kerusakan ginjal. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal yaitu dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi 8 gelas air setiap harinya, sehingga siklus berurine tidak terganggu dan merusak ginjal. 

Baca Juga: Waspada! Ini 3 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Asam Urat, Jangan Coba-coba Bandel Ya Beauty!

Baca Juga: Bisa Menyebabkan Komplikasi Fatal, Intip Yuk Cara Menangani Hipertensi, Tiati Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan