Menu

Kulit Sekitar Payudara Mirip Kulit Jeruk, Benarkah Ciri-ciri Kanker Payudara? Simak Yuk Moms Penjelasannya...

13 November 2023 09:06 WIB
Kulit Sekitar Payudara Mirip Kulit Jeruk, Benarkah Ciri-ciri Kanker Payudara? Simak Yuk Moms Penjelasannya...

Lambang kesadaran kanker payudara (Unsplash/Angiola Harry)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu pasti tahu jika kanker payudara merupakan kanker yang tumbuh karena sel-sel payudara tumbuh tak semestinya dan tak memiliki fungsi seperti semestinya.

Menurut dr. Riska Larasati di laman Alodokter, kanker payudara ini ada beberapa jenisnya, meski begitu untuk penyebabnya masih belum diketahui secara pasti.

"Penyebab kanker payudara pastinya tidak diketahui, namun diduga dapat berisiko pada obesitas, perokok dan sebagainya," jelas dr. Larasati dikutip Herstory, Senin (11/13/2023).

Sementara untuk gejalanya sendiri bisa dilihat dari tumbuhnya benjolan di sekitar payudara. Selain itu adanya perubahan tekstur dan warna pada kulit payudara. Kulitnya terlihat mengelupas. Adanya rasa nyeri dan bengkak pada payudara dan keluar darah dari payudara.

"Puting payudara tertarik ke dalam, bengkak atau benjolan di bawah ketiak, hingga adanya kulit payudara berubah seperti kulit jeruk," jelas dr. Riska.

Jika Beauty merasakan salah satu gejalanya, seperti tekstur kulit di area payudara terlihat seperti kulit jeruk, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk memastikan apakah memang ada kanker atau karena penyebab lain.

Baca Juga: Waspada Beauty, Ini 4 Ciri Kanker Payudara Stadium Awal, Yuk Periksa Sejak Dini!

Baca Juga: 4 Pola Makan yang Harus Diterapkan Pengidap Kanker Payudara, Penting Banget untuk Menghindari Konsumsi Makanan Ultra Proses!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan