Menu

Si Kecil GTM? Jangan Worry! Yuk Lakukan Tips Berikut agar Makan Si Kecil Jadi Lahap, Nafsu Makan Auto Meningkat

14 November 2023 11:20 WIB
Si Kecil GTM? Jangan Worry! Yuk Lakukan Tips Berikut agar Makan Si Kecil Jadi Lahap, Nafsu Makan Auto Meningkat

Ilustrasi anak sedang makan. (Unsplash/Providence Doucet)

HerStory, Jakarta —

Moms menghadapi gerakan tutup mulut (GTM) pada anak memang hal yang gampang-gampang susah kan? Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter, banyak hal yang bikin anak jadi GTM, mulai dari pola makan yang gak tepat hingga rasa makanan yang gak enak.

"tersering, bayi menjadi susah makan karena pola makan yang tidak tepat, tidur kurang berkualitas, terlalu banyak diberi camilan di luar waktu makan, tekstur atau citarasa MPASI yang kurang sesuai kemampuan dan minat bayi, habis sakit, akan tumbuh gigi, dan sebagainya," jelas dr. Nadia dikutip Herstory, Selasa (11/14/2023).

Selain itu, ada beberapa penyakit yang bisa bikin anak sulit makan, mulai dari sariawan hingga infeksi pencernaan.

"Kekurangan zat besi, sariawan, dispepsia, infeksi pencernaan atau infeksi sistem organ lainnya, faringitis, tonsilitis, dan sebagainya pun bisa juga semakin membuat bayi susah makan," tutur dr. Nadia.

Meski begitu, Moms jangan keburu panik dahulu ya karena menurut dr. Nadia kondisi si kecil sulit makan biasanya hanya sebentar dan bisa membaik sendiri asal Moms menanganinya dengan baik.

Daripada resah dan gelisah, yuk simak beberapa tips dari dr. Nadia agar si kecil jadi nafsu makan lagi.

1. Buat jadwal aktivitas

Agar kegiatan anak jadi teratur, termasuk waktu makannya. Moms sebaiknya membuat jadwal aktivitas untuk anak. Mulai dari anak bangun, lalu mandi, terus makan, bermain, hingga tidur kembali.

2. Jangan beri camilan berlebihan

Moms, memberikan camilan untuk anak memang diperbolehkan. Tapi sebisa mungkin jangan berlebihan. Karena saat anak makan di luar waktu makannya, anak bisa saja jadi malas makan. Sebagai gantinya, Moms bisa berikan anak ASI dan air minum secukupnya.

3. Ajak anak untuk aktif

Moms agar anak mudah lapar, sebaiknya saat jadwalnya bermain, kamu bisa mengajaknya untuk beraktivitas. Dijamin deh pas sudah waktunya makan, anak jadi lahap.

Baca Juga: Jangan Sembarangan Gunakan Vitamin, Cara Mengembalikan Nafsu Makan Ibu Hamil, Moms Sudah Tahu Belum?

Baca Juga: Bukan Tantrum, Moms! Ini 4 Alasan Anak Gak Mau Makan, Bisa Jadi Gegara Hal Ini

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan