Menu

Punya Rasa Manis Alami, Ini 7 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Nomor 3 Kesukaan Banyak Orang Nih!

14 November 2023 17:25 WIB
Punya Rasa Manis Alami, Ini 7 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Nomor 3 Kesukaan Banyak Orang Nih!

Buah-buahan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Pola makan jadi hal penting untuk penderita diabetes. Maka dari itu sangat penting penderita diabetes untuk memperbaikinya jadi lebih sehat.

Bukan hanya memilih sumber karbohidrat, pemilihan buah untuk pengidap diabetes juga perlu diperhitungkan. Jika Anda memiliki diabetes, tentunya Anda perlu memilih buah dengan kandungan glikemik rendah. Apa sajakah itu?

Jenis Buah untuk Penderita Diabetes

Dilansir dari laman Healthifyme melalui sindikasi suara.com, berikut beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi untuk seseorang dengan diabetes.

1. Kiwi

Buah kiwi termasuk dalam satu kelompok makanan dengan nilai glikemik yang rendah. Oleh karena itu, jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedang, kiwi tidak akan membuat lonjakan pada insulin Anda.

Buah dengan rasa asam ini juga memiliki kandungan serat tidak larut yang tinggi. Serat ini disebut dengan senyawa inositol yang membuat tubuh seseorang lebih sensitif pada insulin sehingga penyembuhan diabetes dapat lebih cepat.

2. Pepaya

Sembelit merupakan salah satu masalah yang pasti dialami oleh seseorang dengan penyakit diabetes. Dengan kandungan enzim papain, sistem pencernaan Anda bisa lebih lancar.

Di samping itu, pepaya juga kaya akan mineral seperti lutein, folat, dan asam pantotenat yang baik untuk penderita diabetes. Buah satu ini cocok untuk dikonsumsi karena selain mudah ditemukan, harganya pun relatif murah.

3. Apel

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi apel secara teratur memiliki kemungkinan terserang diabetes lebih rendah hingga 28%. Manfaat ini diperoleh dari kandungan polifenol dalam apel tang mencegah keausan sel beta yang bertanggung jawab untuk produksi insulin.

Tidak hanya itu, sifat probiotik dalam apel juga membantu penurunan berat badan. Penurunan berat badan adalah cara terbaik untuk mengelola diabetes.

4. Jeruk

Buah yang cocok untuk penderita diabetes selanjutnya adalah jeruk. Hal ini tidak terlepas dari kandunan serat dan nutrisinya yang tinggi. Dengan mengonsumsi jeruk, Anda dapat menekan kadar gula darah.

Buah jeruk juga dapat mencegah anemia karena menjadi sumber zat besi yang kaya raya. Kandungan asam sitrat pada jeruk akan memungkinkan sel menyerap zat besi dengan lebih efisien.

5. Buah naga

Buah naga kaya vitamin C, zat besi, dan magnesium sehingga menjadikannya buah padat nutrisi dengan sedikit kalori. Selain itu, buah berwarna merah ini kaya antioksidan yang baik untuk tubuh seperti hidroksi sinamat dan flavonoid.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah naga dapat mengurangi resistensi insulin dan efektif meringankan dampak diabetes tipe 2.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buah Manis yang Ramah Penderita Diabetes, Jangan Takut Gula Darah Naik!

Baca Juga: Bisa Jadi Camilan Diabetesi, Simak Yuk Manfaat dari Buah Murbei Selain Kontrol Gula Darah, Ternyata oh Ternyata...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan