Menu

Bisa Sebabkan Obesitas Hingga Gangguan Pencernaan, Ini Alasan Kenapa Moms Gak Boleh Kasih Anak MPASI Sebelum 6 Bulan!

16 November 2023 11:55 WIB
Bisa Sebabkan Obesitas Hingga Gangguan Pencernaan, Ini Alasan Kenapa Moms Gak Boleh Kasih Anak MPASI Sebelum 6 Bulan!

Ilustrasi ibu sedang beri makan MPASI untuk anak (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, jangan sekali-kali memberikan MPASI sebelum usia anak 6 bulan. Jika pun bisa, menurut dr. Arrum Putri Amalia, hal itu harus ditentukan oleh dokter spesialis anak.

"MPASI dini hanya bisa ditentukan oleh dokter spesialis anak setelah melakukan pemeriksaan secara langsung pada anak anda," jelas dr. Arrum dikutip Herstory, Kamis (11/16/2023).

Usut punya usut, jika Moms ngeyel dan tetap memberikan MPASI si kecil sebelum waktunya, hal itu bisa meningkatkan risiko obesitas pada anak, gangguan pencernaan, risiko tersedak, dan tingkatkan risiko terjadinya alergi.

"Namun, jika memang anda sudah berkonsultasi dan memeriksakan anak anda dengan dokter spesialis anak, dimana anak anda sudah diperbolehkan untuk memulai MPASI, maka boleh saja anda coba lakukan MPASI yang perlu diawali dengan jenis makanan bertekstur lembut terlebih dahulu, kemudian naik tekstur secara perlahan dengan mempertimbangkan respon anak ketika makan nantinya," saran dr. Arrum.

Di sisi lain, dr. Arrum pen mengingatkan selama Moms memberikan jumlah MPASI sesuai dengan umurnya. Lalu memerhatikan kebutuhan gizi pada anak secara pas, maka Moms bisa mencegah dampak buruk MPASI dini pada si kecil.

Baca Juga: Jadi Pemilik Antioksidan yang Paling Baik, Intip Yuk Resep Pure Brokoli untuk MPASI Anak

Baca Juga: Mengandung Omega 3, Moms Cari Tahu Yuk Manfaat Ikan Salmon Bagi Pertumbuhan Bayi, Sayang Banget Lho Buat Dilewatkan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan