Sebagai skincare enthusiast pasti kamu udah enggak asing lagi deh dengan yang namanya skincare anti polusi. Kamu mungkin telah memperhatikan berbagai produk kecantikan berlabel “anti polusi” yang diluncurkan selama beberapa tahun terakhir, mulai dari perawatan kulit hingga produk make up. Tentunya semua orang tahu bahwa polusi itu buruk, tapi apa arti dari istilah "anti-polusi" sebenarnya dalam hal kecantikan? Simak ulasan berikut ya, Beauty!

Jika kamu tinggal di kota besar, kamu mungkin dengan mudah terpapar berbagai polusi, radikal bebas, paparan UV, asap knalpot, emisi kereta bawah tanah dan sebagainya. Oleh sebab itu, banyak orang yang membutuhkan skincare anti polusi untuk memberikan nutrisi kepada kulitnya.

Baca Juga: Ternyata Ini Lho, Tanda Skincare Enggak Cocok di Kulit Wajahmu

Beberapa merek produk kecantik mengklaim bahwa produk skincare anti-polusi akan melindungi kulit kamu dari kerusakan karena faktor lingkungan. Enggak hanya itu, produk skincare anti polusi juga dipercaya dapat mengencangkan kulit yang kendur, mencerahkan kulit yang kusam, memperbaiki kulit yang meradang, dan mencegah penuaan dini. Tapi apakah itu semua benar?

Melansir inStyle (26/3/2020), "Anti-polusi" bukan istilah yang tepat digunakan untuk digunakan sebagai skincare yang bisa mencegah segala macam masalah kulit. Hal itu disebabkan oleh produk-produk non-resep biasanya tak dapat dianggap sebagai obat.

"Undang-undang atau peraturan FDA tidak memerlukan tes khusus untuk menunjukkan keamanan produk atau bahan individu. Kulit kita dihujani oleh udara, air, dan sinar matahari, dan kami memiliki bukti kuat bahwa elemen-elemen ini berkontribusi terhadap penuaan ekstrinsik kulit, keriput, pigmentasi, urtikaria (gatal-gatal) dan bahkan eksim," kata Lana Kashlan, seorang dokter kulit konsultan dan direktur medis bersertifikat Amerika di CosmeSurge Dubai Marina.

Baca Juga: Apa Sih Tanda-tanda Kulit Enggak Cocok dengan Kandungan Skincare?

Dengan alasan tersebut, Kashlan menekankan kepada para wanita betapa pentingnya melakukan penelitianmu sendiri sebelum membeli merek atau produk. Jangan mudah percaya dengan berbagai klaim yang dikeluarkan oleh produk kecantikan. Kamu bisa buktikan dengan mencobanya sendiri dan melihat hasil yang terjadi di kulitmu.