Menu

Rumah Rentan Disusupi Nyamuk Saat Musim, Moms Harus Tahu Nih Cara Efektif Mengusirnya agar Terhindar dari Penyakit!

16 November 2023 16:45 WIB
Rumah Rentan Disusupi Nyamuk Saat Musim, Moms Harus Tahu Nih Cara Efektif Mengusirnya agar Terhindar dari Penyakit!

Nyamuk Aedes Aegypti pemicu DBD (Istimewa)

HerStory, Jakarta —

Saat ini sudah memasuki musim hujan, biasanya di musim ini para nyamuk akan berkembang biak sehingga sangat rentan masuk ke dalam rumah lho Moms.

Air yang menggenang akibat hujan menjadi tempat yang sempurna bagi nyamuk betina untuk bertelur dan berkembang. Namun, mengingat nyamuk dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti demam dan malaria, penting bagi kita untuk mengusir mereka dari sekitar kita. 

Mengutip sindikasi yoursay.suara.com, berikut 5 cara efektif untuk mengusir nyamuk saat musim hujan, sehingga kita dapat menjaga kesehatan dan kenyamanan kita.

1. Hindari genangan air di sekitar rumah

Genangan air yang terbentuk akibat hujan merupakan tempat ideal bagi nyamuk untuk bertelur dan berkembang biak. Oleh karena itu, penting untuk menghindari adanya genangan air di sekitar rumah.

Pastikan tidak ada wadah atau barang-barang yang dapat menampung air hujan seperti pot bunga yang tidak digunakan, kaleng bekas, atau tumpukan daun basah. Pastikan saluran air di sekitar rumah bebas dari penyumbatan sehingga air bisa mengalir dengan lancar.

2. Gunakan kelambu atau jaring nyamuk

Kelambu atau jaring nyamuk adalah cara yang efektif untuk melindungi diri saat tidur. Pasang kelambu di tempat tidur untuk mencegah nyamuk masuk dan mengganggu tidur kamu. Pastikan kelambu dalam kondisi baik dan bebas dari lubang agar nyamuk tidak dapat masuk melalui celah tersebut.

3. Gunakan kipas angin atau AC

Nyamuk lebih sulit terbang di bawah angin yang kuat. Menggunakan kipas angin atau menghidupkan AC dalam ruangan dapat membantu mengusir nyamuk. Selain itu, kipas angin dan AC juga membantu menjaga kelembapan rendah di dalam ruangan, yang tidak disukai oleh nyamuk.

Baca Juga: Jalankan Program Cegah DBD, Takeda Raih Penghargaan PR Indonesia Award 2024

Baca Juga: Nyamuk Mulai Datang karena Musim Hujan? Ini 7 Tanaman yang Ampuh untuk Mengusirnya, Moms Wajib Tanam di Pekarangan Rumah Nih!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan