Menu

Banyak Dipercaya, Benarkah Nasi Dingin Lebih Biak untuk Pengidap Diabetes daripada Nasi Panas? Simak Tanggapan Dokter Yuk Moms!

17 November 2023 16:35 WIB
Banyak Dipercaya, Benarkah Nasi Dingin Lebih Biak untuk Pengidap Diabetes daripada Nasi Panas? Simak Tanggapan Dokter Yuk Moms!

Ilustrasi nasi putih. (Unsplash/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Banyak sekali pasien diabetes yang batasi konsumsi nasinya karena dianggap bisa meningkatkan kadar gula darah. Bahkan, nasi putih yang dingin disebut lebih sehat karena mengandung sedikit gula dibandingkan nasi panas. Apakah hal tersebut benar adanya?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital Bekasi, dr. Melisa Diah Puspitasari, Sp.PD mengatakan satu porsi nasi putih biasanya disajikan dalam bentuk 100 gram, dan mengandung 130 kalori yang dinilai cukup banyak untuk pasien diabetes.

"Oleh karena itu diabetisi disarankan untuk membatasi konsumsi nasi putihnya karena dapat menaikan kadar gula darah," ujar dr. Melisa.

Ia menambahkan, nasi panas mengandung kadar karbohidrat yang tinggi karena gula yang terkandung di dalamnya mudah untuk terurai dan diserap oleh sistem pencernaan sehingga dapat menyebabkan lonjakan gula darah setelah makan.

Tapi kata dr. Melisa, bukan berarti kadar gula di dalam nasi dingin berkurang. Suhu pada nasi tak berpengaruh pada kadar gula yang ada di dalamnya, namun nasi yang didinginkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi diketahui akan menghasilkan sebuah zat bernama pati resisten.

"Zat pati resisten adalah jenis serat yang tidak dicerna oleh tubuh, sehingga tidak diserap oleh tubuh. Zat tersebut dapat juga difermentasi oleh usus besar yang kemudian akan digunakan sebagai makanan bagi bakteri baik di dalam usus. Proses fermentasi ini dapat menyebabkan peningkatan sensitivitas insulin dan pengurangan lemak perut yang baik bagi diabetisi," bebernya.

Baca Juga: Wajib Catat! Hanya dengan Gerakan Salat Diabetes Melitus Bisa Minggat, Gimana Sih Caranya?

Baca Juga: Penderita Diabetes Wajib Simak! Ini 3 Tips Aman Konsumsi Daging Tanpa Deg-degan, Nomor 1 Sering Dilupakan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.