Menu

Jangan Buru-buru Meneteskan Obat, Ini yang Harus Beauty Lakukan Jika Mata Sering Berkedip, Tiati Salah Tindakan Bisa Jadi Bahaya!

20 November 2023 17:30 WIB
Jangan Buru-buru Meneteskan Obat, Ini yang Harus Beauty Lakukan Jika Mata Sering Berkedip, Tiati Salah Tindakan Bisa Jadi Bahaya!

Ilustrasi kesehatan mata (Freepik/Karlyukav)

HerStory, Jakarta —

Beauty, permasalahan mata kering kerap kali dijumpai, entah saat bekerja, atau beraktivitas di luar ruangan, bahkan sekadar menatap layar ponsel pun bisa menyebabkan mata kering lho.

Menurut penjelasan dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter, ternyata jika kamu menderita mata kering, maka kamu akan sering berkedip untuk merangsang produksi air mata.

Meski begitu, mata berkedip bukan hanya menandakan mata kering, melainkan karena adanya gangguan lain.

"Mata Anda yang kerap berkedip bisa juga menandakan mata Anda lelah atau mengalami gangguan lainnya, seperti miopia, astigmatism, hipermetropia, xerophthalmia, konjungtivitis, keratitis, dan sebagainya. Gangguan di sistem organ lain (selain mata), misalnya migrain, epilepsi, kekurangan nutrisi tertentu, gangguan tick, gangguan cemas, dan sebagainya pun mungkin juga membuat mata lebih sering berkedip," jelas dr. Nadia dikutip Herstory, Senin (11/20/2023).

Jika matamu sering berkedip, jangan dulu panik dan buru-buru menetaskan obat, suplemen maupun herbal apapun. Karena jika kamu salah tindakan maka bisa memicu efek samping yang berbahaya untuk matamu.

Cara mengatasi mata yang sering berkedip

Nah, sekarang coba lakukan beberapa tips berikut ini aga keluhan mata berkedip kamu bisa teratasi ya.

1. Kurangi menatap layar ponsel atau laptop

Beauty menatap layar ponsel atau laptop berisiko membuat mata kering, maka dari itu jika sudah ada keluhan mata sering berkedip maka kamu harus mengurangi aktivitas dalam menggunakan ponsel atau laptop ya.

Jika pekerjaan kamu berkaitan dengan kedua hal tersebut, pastikan untuk atur pencahayaan di laptop maupun di ruangan tempat kamu bekerja. Selain itu, pastikan jarak pandang mata ke layar pun tak dekat.

Di sisi lain, pastikan kamu istirahat 20 menit sekali saat bekerja menatap laptop. Kamu bisa menatap objek yang jauh sekitar 20 kaki selama 20 detik agar mata gak gampang lelah.

2. Gunakan kacamata

Jika Beauty memiliki gangguan refraksi mata, seperti miopia, astigmatisme, hipermetropia, maka kamu harus teratur saat menggunakan kacamata atau lensa kontak yang diresepkan dokter.

Baca Juga: 40% Anak Belum Pernah Lakukan Pemeriksaan Mata, VIO Optical Clinic Luncurkan Kampanye PERMADANI, Apa Itu?

Baca Juga: 3 Faktor yang Bisa Bikin Mata Beauty Jadi Minus, Salah Satunya Kebiasaan Nonton Terlalu Dekat!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan