Menu

4 Penyebab yang Bisa Bikin Miss V Lecet, Beauty Harus Tahu Nih Cara Mengatasinya!

21 November 2023 22:10 WIB
4 Penyebab yang Bisa Bikin Miss V Lecet, Beauty Harus Tahu Nih Cara Mengatasinya!

Kesehatan vagina. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty hati-hati terkait risiko Miss V yang gampang lecet. Menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter, lecet pada Miss V bisa disebabkan oleh banyak hal termasuk iritasi karena adanya gesekan pada pakaian serta garukan yang berlebihan.

Nah, hal itu tak mungkin muncul tanpa sebab, menurut dr. Riza inilah 4 pemicu Miss V terasa gatal hingga sebabkan iritasi dan akhirnya lecet:

  1. Bisa karena dermatitis kontak, yaitu kondisi peradangan yang disebabkan karena kontak dengan zat iritan, seperti detergen, sabun, dan lainnya
  2. Tinea cruris, kondisi peradangan yang disebabkan infeksi jamur.
  3. Kutu kemaluan
  4. Scabies

Itulah 4 kemungkinan pemicu iritasi pada Miss V sehingga menciptakan sensasi gatal. Untuk mengatasinya sendiri harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Meskipun demikian Beauty, ada beberapa saran dari dokter Riza untuk mengurangi keluhan lecet di Miss V, simak yuk.

  • Pastikan Beauty selalu membersihkan area Miss V saat mandi. Tapi ingat jangan menggosok terlalu kuat dan sebaiknya menggunakan sabun lembut tanpa alkohol.
  • Pastikan Beauty selalu¬† mengeringkan kemaluan dengan handuk maupun tisu dengan cara ditepuk-tepuk pelan, lalu gunakan celana dalam yang tak ketat. Oh iya kamu juga harus mengganti celana dalam 2 kali sehari ya.
  • Pastikan Beauty rutin mengoleskan¬† salep dexpanthenol dua hari sekali setelah mandi.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan