Setiap tanggal 8 Maret ditetapkan sebagai International Women’s Day yang menjadi hari spesial untuk seluruh wanita di dunia. Banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari spesial ini, beberapa aktivitis wanita  dan komunitas melakukan kegiatan untuk menyambut International Women’s Day 2021 yang kali ini mengusung tema #Choosetochallenge. 

International Women’s Day berawal di Amerika pada tahun 1901, ketika Partai Sosialis turun ke jalan untuk menghormati pegawai garmen yang diperkerjakan secara tidak manuasiawi. Setelah itu, pada tahun 1911 banyak negara yang merayakan Internasional Women's Day pada 19 Maret yang berfokus pada hak-hak wanita dalam pendidikan, pekerjaan, dan hak lainnya. PBB baru menetapkan 8 Maret sebagai International Women’s Day pada 8 Maret 1975  secara resmi. 

Setiap tahun, perayaan International Women’s Day selalu dirayakan dengan tema yang berbeda. Tahun 2021 International Women’s Day mengusung tema #Choosetochallenge yang berfokus pada pentingnya menantang ketidaksetaraan dan menciptakan dunia yang inklusif berdasarkan halaman website internationalwomensday.com (01/03/2021). 

Perayaan ini dilakukan dengan menyebarkan foto dengan satu tangan diangkat tinggi  yang menandakan bahwa kita semua siap menantang ketidaksetaraan, menyuarakan bias, menantang  stereotip, dan membantu menciptakan dunia yang inklusif. Diharapkan dengan adanya rasa tertantang dapat menciptakan banyak perubahan dan hal-hal baru bermunculan. 

Baca Juga: International Woman's Day Bikin Dirimu Ingin Jadi Wanita Mandiri? Why Not!

Jadi, jangan lupa sebar pose dengan mengangkat tangan yang tinggi dan sebar di media sosial dengan hashtag #ChooseToChallenge yang dilengkapi dengan caption yang menantang dan berani atau upload foto kamu melalui website https://www.internationalwomensday.com/theme.  Dengan begitu,berarti kamu ikut serta dalam menantang semua tantangan yang ada di dunia.