Menu

CFDL dan Warta Ekonomi Bergandeng Dukung Indonesia Cakap Digital Melalui Konferensi Literasi Digital, Simak Yuk Keseruannya!

24 November 2023 09:55 WIB
CFDL dan Warta Ekonomi Bergandeng Dukung Indonesia Cakap Digital Melalui Konferensi Literasi Digital, Simak Yuk Keseruannya!

Konferensi Literasi Digital CFDL dan Warta Ekonomi (Press Release/Laras Devi Rachmawati)

HerStory, Jakarta —

Teknologi digital telah dan akan terus mewarnai kehidupan personal dan ekonomi suatu negara. Bahkan, kecakapan digital merupakan salah satu kompetensi dasar yang wajib dimiliki di Abad 21 ini.

CEO dan Chief Editor Warta Ekonomi Group Muhamad Ihsan mengatakan indeks literasi digital Indonesia tahun 2022, berdasarkan survei Kementerian Komunikasi dan Informatika, masih berada di level 3.54 dari skala 5.

“Artinya pengetahuan dan keterampilan masyarakat belum memadai dalam menggunakan teknologi digital,” ungkapnya saat berada di acara Indonesian Digital Literacy Conference di Le Meridien Hotel, Rabu (22/11/2023).

Terdapat empat pilar yang diukur dalam menentukan literasi digital, salah satu diantaranya adalah aspek keamanan. Pilar ini merupakan yang paling krusial karena berkaitan langsung dengan kejahatan siber.

Tak bisa dipungkiri, kejahatan siber semakin naik jumlahnya dan semakin canggih modusnya. 

Berdasarkan data Pusiknas Bareskrim Polri, tindak pidana kejahatan siber naik signifikan pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021 di mana jumlah tindak kejahatan siber meningkat hingga 14 kali.

Berdasarkan National Cyber Security Index (NCSI), skor indeks keamanan siber Indonesia sebesar 38,96 poin dari 100 pada 2022 di mana Indonesia berada pada peringkat ke-3 terendah di antara negara G20. Secara global, Indonesia menduduki peringkat ke-83 dari 160 negara dalam laporan tersebut.

Baca Juga: Urun Rembug Stakeholder Sawit dalam Membangun Lembaga Otoritas Khusus

Baca Juga: Beri Penghargaan untuk Perusahaan yang Miliki Kinerja hingga Inovasi Terbaik, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Living Legend Awards 2024

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.