Menu

Bisa Bikin Kamu Terkena Batu Ginjal, Yuk Beauty Mendingan Hindari Makanan Ini, Jangan Ngeyel!

24 November 2023 23:05 WIB
Bisa Bikin Kamu Terkena Batu Ginjal, Yuk Beauty Mendingan Hindari Makanan Ini, Jangan Ngeyel!

Ilustrasi batu ginjal (Freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu harus berhati-hati terkait risiko batu ginjal. Fyi nih Beauty, batu ginjal ini kerap menyerang pria dan wanita yang berusia 30 hingga 60 tahun.

Menurut Dokter spesialis Urologi dari Siloam Hospitals Makassar, Dr.dr Syarif Sp.U (K), faktor resiko batu ginjal dipengaruhi gaya hidup dan jenis makanan.

Dikatakan Syarif, jenis makanan yang tersedia di sekitar wilayah Indonesia banyak yang mengandung 'Purin' yaitu zat makanan sebagai penyebab awal keluhan asam urat.

Dr.dr Syarif Sp.U., yang berpraktek tetap di Siloam Hospitals Makassar menjelaskan, deteksi dini atau pemeriksaan awal keluhan batu ginjal dapat dilakukan melalui CT scan Urografi

"Melalui CT Scan Urografi yang dimiliki Siloam Hospitals, pemeriksaan mendeteksi batu ginjal di saluran urine dapat segera diketahui hasilnya," tutur Syarif.

Seperti telah banyak diketahui, batu ginjal terbentuk dari limbah dalam darah yang membentuk kristal dan menumpuk di ginjal. Contoh zat kimia yang dapat membentuk batu ginjal adalah kalsium dan asam oksalat.

Seiring waktu, materi tersebut semakin keras dan menyerupai batu. Batu ginjal dapat disembuhkan melalui obat-obatan ataupun dengan tindakan operasi medis..

"Penyembuhan dapat dilakukan dengan obat, namun apabila tidak juga berhasil, akan dilakukan tindakan ESWL atau PCNL.

Baca Juga: Mitos atau Fakta Daun Keji Beling Bisa Sembuhkan Sakit Pinggang karena Batu Ginjal? Ternyata oh Ternyata...

Baca Juga: Bukan Cuma Makanan Tinggi Purin, Ini 3 Hal yang Bisa Sebabkan Kadar Asam Urat Tinggi!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Ida Umy Rasyidah