Menu

Rekomendasi Kaldu untuk MPASI yang Bisa Jadi Pengganti Gula, Bukan Cuma Kaldu Ayam Moms!

28 November 2023 19:05 WIB
Rekomendasi Kaldu untuk MPASI yang Bisa Jadi Pengganti Gula, Bukan Cuma Kaldu Ayam Moms!

Ilustrasi ibu sedang beri makan MPASI untuk anak (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, apakah kamu saat ini sedang menemani tumbuh kembang si kecil yang berusia 6 bulan? Itu artinya si kecil sudah harus konsumsi MPASI, karena di momen ini ASI tak lagi mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil.

Berkaitan dengan itu, dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pun menyarankan untuk Moms jangan dulu memberikan bumbu ke dalam MPASI si kecil, apalagi jika usianya masih 6 sampai 8 bulan.

"sangat disarankan untuk tidak menambahkan sembarang perasa ke dalam MPASI-nya, baik itu garam, gula, apalagi perisa buatan (seperti kaldu instan yang dijual di pasaran). Sebab, tidak semua bahan perasa tersebut aman bagi kesehatan bayi, khususnya dalam jangka panjang. Beragam jenis perasa kerap kali mengandung MSG (monosodium glutamate) yang dalam jangka panjang berisiko memicu gangguan syaraf, jantung, dan beragam organ lain jika dikonsumsi berlebihan," jelas dr. Nadia dikutip Herstory, Selasa (11/28/2023).

Bahkan Moms, selain pada kesehatan MPASI yang memiliki cita rasa tajam pun bisa menjadikan anak jadi picky eater lho.

Berkaitan dengan itu, dr. Nadia pun menyarankan Moms menggunakan rempah alami atau kaldu homemade untuk rasa MPASI. Untuk kaldu sendiri Moms bisa dapatkan dari sapi, ayam, dan jamur.

Baca Juga: Sesuai Anjuran Kemenkes, Cusss Intip Resep Bubur Singkong Kukuruyuk Saus Jeruk untuk Bayi 6 Sampai 8 Bulan, Kandungan Gizinya Lengkap Lho!

Baca Juga: Punya Banyak Manfaat untuk Tumbang Si Kecil, Moms Harus Tahu Nih Cara Tepat Mengolah Ikan, Pastikan Masih Segar!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.