Menu

Perlu Pendampingan Psikologis untuk Si Kecil yang Suka Main Gadget, Yuk Moms Simak Pola Asuh agar Anak Tak Kecanduan Ponsel, Gimana Sih?

30 November 2023 19:05 WIB
Perlu Pendampingan Psikologis untuk Si Kecil yang Suka Main Gadget, Yuk Moms Simak Pola Asuh agar Anak Tak Kecanduan Ponsel, Gimana Sih?

ilustrasi dua orang anak yang sedang memainkan ponselnya (Unsplash/McKaela)

HerStory, Jakarta —

Moms, memiliki anak di era teknologi maju memang memiliki tantangan tersendiri kan? Apalagi jika si kecil sudah mulai mengenal ponsel, pasti susah tuh dilepasinnya.

Psikolog Rumah Sakit Pondok Indah Meriyati M.Psi., mengatakan bahwa pola asuh digital bukan sekadar orangtua memfasilitasi kebutuhan teknologi bagi anak. Ia mengingatkan bahwa peran orangtua harus tetap hadir, baik fisik juga psikis, bagi anak. 

"Pengasuhan digital tidak hanya sebatas dialog dan pemasangan fitur-fitur parenting control. Namun tetap diperlukan pendampingan secara psikologis untuk anak dan remaja yang berkaitan dengan teknologi dan internet," jelas Meriyati dalam webinar RSPI Jakarta mengutip Suara.com.

Ia membagikan tips pola asuh digital bagi orangtua pertama adalah dengan membuat jadwal anak bermain gawai. Meriyati mengingatkan, jangan karena beraktivitas di rumah sehingga anak selalu diberikan gawai. 

Peran orangtua justru memberikan anak berbagai aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukannya sambil belajar dari rumah. 

"Semakin lama anak terpapar dengan screen, kemungkinan dia untuk kecanduan gadget akan semakin tinggi. Buat jadwal dan beri batasan screen time. Kalau menurut Ikatan Dokter anak Indonesia dan juga WHO, umur anak 0 sampai 2 tahun sama sekali tidak boleh diberikan screen, tidak boleh terpapar dengan gadget tetapi untuk video call saja boleh. Mungkin orangtuanya jauh, kakek-neneknya jauh," paparnya.

Sementara untuk anak 3 sampai 5 tahun, hanya boleh melihat layar gawai selama 1 jam perhari. Satu jam tersebut tidak disarankan dilakukan dalam satu waktu. Tetapi diberi jeda, misalnya setiap 30 menit.

Selama waktu jeda, Meriyati menyarankan agar orangtua mengajak anak berkegiatan lain di rumah. Seperti melihat tanaman ataupun bermain dengan kakak atau adiknya.

Kemudian usia 5 sampai 7 tahun waktu screen bertambah jadi 1,5 jam perhari. Dan untuk anak di atas 10 tahun maksimal 2 jam perhari. Jadwal penggunaan layar itu perlu diberikan kepada anak agar mereka juga tidak ketergantungan dengan gawai. 

"Tips kedua, perlu ada aturan rutinitas. Rutinitas sebelum covid tetap dilakukan. Bangun tidur jam berapa, setelah itu melakukan apa itu tetap dilakukan. Tujuannya supaya nanti kegiatan offline lagi bisa terbiasa. Kebiasaan baik harus terus dilatih. Kalau bangun pagi tetap bangun pagi," ucapnya.

Baca Juga: Tiati Moms! Bisa Hambat Pertumbuhan Anak, Ini 5 Faktor Pola Asuh yang Wajib Banget Kamu Waspadai, Catat Ya!

Baca Juga: Sering Dianggap Mengekang, Ternyata Sikap Orang Tua Bilang 'Enggak' ke Anak Punya Dampak yang Baik, Ini Kata Psikolog...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Ida Umy Rasyidah