Menu

Moms Harus Tahu! Ini Tanda Bila Anak Mengalami Pelecehan Seksual

Rita Puspita Rachmawati
02 Maret 2021 13:10 WIB
Moms Harus Tahu! Ini Tanda Bila Anak Mengalami Pelecehan Seksual

Ilustrasi pelecehan seksual. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Anak-anak meungkin nggak berani untuk mengungkapkan apa yang ia alami pada orang tua. Anak akan cenderung diam dan berubah murung ketika ada hal yang nggak diinginkan menimpanya. Untuk itu, Moms harus lebih peka untuk menangkap perubahan-perubahan yang terjadi pada anak.

Anak akan merasa takut, bingung, atau merasa bersalah ketika mengungkap hal tersebut. Pelaku kejahatan seksual juga biasanya mengancam anak agar mereka tidak berbicara hal yang dilakukan kepada siapapun.

Menurut National Sexual Violence Resource Center, pelaku kejahatan seksual pada umumnya orang yang dikenal seperti kerabat mau pun orang yang dikenal seperti tetangga, guru, teman keluarga, dan lainnya.

Meski anak nggak berbicara langsung tentang apa yang terjadi pada mereka, orang tua pasti punya naluri ketika sesuatu hal tidak biasa terjadi. Dilansir dari Parents, (02/03/2021) berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah anak mengalami kejadian tak menyenangkan.

1. Ketahui siapa saja yang berinteraksi dengan anak

Orang tua tentu tidak dapat selalu berada dekat anak-anak, sehingga butuh orang dewasa yang benar-benar bisa dipercaya. Jika ia memiliki pengasuh, cari tahu mengenai asal-usulnya, perjalanan karirnya.