Menu

Merasa Badan Terlalu Kurus Moms? Tiati Bukan Cuma Kurang Makan, Bisa Jadi Tanda Penyakit Bahaya, Simak Yuk Penyebabnya...

03 Desember 2023 08:57 WIB
Merasa Badan Terlalu Kurus Moms? Tiati Bukan Cuma Kurang Makan, Bisa Jadi Tanda Penyakit Bahaya, Simak Yuk Penyebabnya...

Ilustrasi anak dengan tubuh yang kurus karena tak mau makan. (Freepik/zinkevych)

HerStory, Jakarta —

Moms gak semua orang memiliki masalah dengan kelebihan berat badan, di balik itu, ada beberapa orang yang mengeluhkan berat badannya sangat kurus sehingga kurang dari ideal.

Berkaitan dengan itu, dr. Tirtawati Wijaya, SE, di laman Alodokter menjelaskan ada beberapa faktor yang menyebabkan tubuh jadi kurus, ternyata bukan cuma karena kurang makan. Simak yuk berikut ini:

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, alasan pertama badan kurus adalah kurang makan. Kamu tak memiliki nafsu makan, atau bisa saja di rumah tak tersedia makanan sehingga menghambat kamu untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.

Kedua, kurus bisa saja disebabkan aktivitas fisik atau mental yang membakar kalori lebih banyak dibandingkan asupan kalori yang kamu makan.

  1. Tingkat metabolisme yang kamu miliki tinggi apalagi di usia yang cukup muda.
  2. Gangguan tiroid.
  3. Infeksi tertentu, bisa jadi karena HIV AIDS, maupun tuberculosis.
  4. Kamu keseringan terpapar asap rokok, menggunakan narkoba jenis tertentu, teruma amphetamine.
  5. Dan terakhir, bisa jadi tanda penyakit bahaya, misalnya kanker.

"Ada banyak lagi kemungkinan lainnya yang dapat menyebabkan badan menjadi kurus. Namun ada juga kemungkinan di mana sesungguhnya seseorang tidak kurus, hanya merasa atau terlihat kurus karena berada di lingkungan yang dipenuhi orang gemuk," tutur dr. Nadia menyarankan dikutip Herstory, Minggu (12/3/2023).

Nah, untuk mengetahui apakah tubuh yang kamu miliki itu di bawah berat badan ideal, sebaiknya dihitung dengan cara yang tepat.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.