Menu

Sering Masuk Angin? Simak Cara Mengatasinya Beauty, Ternyata Bukan Cuma Jaga Daya Tahan Tubuh!

04 Desember 2023 18:35 WIB
Sering Masuk Angin? Simak Cara Mengatasinya Beauty, Ternyata Bukan Cuma Jaga Daya Tahan Tubuh!

ilustrasi masuk angin (Doktersehat/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu pasti tak asing dengan kondisi 'masuk angin', kan? Meski kerap disebut sebuah penyakit, masuk angin tak ada dalam dunia medis lho Beauty.

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter, masuk angin adalah kondisi seseorang yang mengalami sejumlah gejala.

"Contohnya kembung, mual, muntah, panas dingin, nyeri otot dan sendi, demam, pusing, lemas, pilek, batuk, dan sebagainya," jelas dr. Nadia dikutip Herstory, Senin (12/4/2023).

Nah, ternyata penyebab kondisi tersebut itu bisa karena banyak hal, mulai dari kelelahan hingga adanya gangguan penyakit lain.

"Tidak selalu karena kekurangan vitamin, namun bisa juga karena kelelahan beraktifitas, pajanan cuaca ekstrim, stres, fluktuasi hormonal, diet tidak seimbang, terlambat makan, infeksi, radang sendi, dispepsia, migrain, diabetes, gangguan somatoform, dan banyak lagi yang lainnya," tutur dr. Nadia.

Sementara itu, jika kamu memang mangalami masuk angin, yuk simak cara mengatasi keluhannya tersebut, kira-kira gimana ya?

1. Tingkatkan daya tahan tubuh

Beauty bisa meningkatkan imun tubuh dengan berbagai cara, mulai dari giat berolahraga, tidur yang cukup, makan makanan dengan gizi seimbang dan perbanyak meditasi.

2. Jangan telat makan

Kamu sangat tak disarankan telat makan. Saat makan pun pastikan konsumsi makan yang sehat dengan gizi seimbang. Selain itu, kamu harus makan dalam porsi kecil tapi sering.

3. Batasi makanan tak sehat

Jika perut Beauty merasa tak nyaman, sebaiknya hindari dahulu makanan terlalu pedas, asam, berlemak tinggi, berkadar gas, dan seratnya tinggi. Selain itu, batasi minuman mengandung tinggi kafein dan susu.

4. Perbanyak istirahat

Jika keluhan masuk angin kambuh, sebaiknya kamu banyak istirahat di rumah Beauty, mandi dengan air hangat, kenakan pakaian yang nyaman, minum air jahe atau teh lemon hangat. Selain itu, kamu bisa makan makanan berkuah kaldu.

Baca Juga: Cara Kerokan Bawang Merah agar Ampuh Usir Gas di Perut Akibat Masuk Angin, Caranya Mudah Loh!

Baca Juga: Jangan Panik Dulu! 3 Cara Sederhana Mengatasi Masuk Angin pada Anak, Simak Baik-baik Moms

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.