Menu

Cara Atasi Radang Tenggorokan Menggunakan Madu dan Air Putih, Auto Sembuh Beauty!

11 Desember 2023 16:00 WIB
Cara Atasi Radang Tenggorokan Menggunakan Madu dan Air Putih, Auto Sembuh Beauty!

Ilustrasi wanita sedang sakit radang tenggorokan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, banyak hal yang bisa membuatmu radang tenggorokan. Menurut dr. Riza Marlina itu bisa disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, alergi, merokok, hingga penyakit asam lambung.

Nah, Moms sendiri pasti tahu jika rasa nyeri yang ditimbulkan oleh radang tenggorokan itu akan terasa panas, dan gatal.

"radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi umumnya ditularkan melalui percikan air liur melalui batuk, bersin dan berbicara yang terhirup dan melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi lalu tangan menyentuh wajah," jelas dr. Riza dikutip Herstory, Senin (12/11/2023).

Meski begitu, Moms gak usah khawatir karena radang tenggorokan yang disebabkan virus itu bisa mereda dalam waktu 7 hingga 14 haria. Tapi jika karena bakteri, maka diperlukan pengobatan antibiotik.

Tapi, biasanya radang tenggorokan disebabkan oleh virus, maka kamu bisa mengatasinya berikut ini.

  1. Konsumsi air putih yang banyak.
  2. Konsumsi madu, tapi Moms harus memilih madu yang memiliki sifat antiinflamasi sehingga bisa meredakan radang tenggorokan. Beauty bisa konsumsi madu 1 sendok sebelum tidur atau dicampur dengan air hangat.
  3. Selain itu, coba makan makanan yang lunak, tak pedas, panas, dan mengandung minyak.
  4. Rutin kumur-kumur dengan air garam dan obat kumur.

Semoga membantu!

Baca Juga: Jangan Dulu Ke Dokter, Ini yang Harus Beauty Lakukan Jika Radang Tenggorokan dengan Gejala Ringan, Perbanyak Minum Air Hangat Ya!

Baca Juga: Cocok untuk Kamu yang Sedang Radang Tenggorokan, Cusss Bikin Sup Jagung Maizena yang Hangat dan Minim Minyak, Buatnya Juga Gampang Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.