Menu

Sering Dianggap Bisa Diobati Asam Urat, Benarkan Air Rebusan Daun Salam Bisa Atasi Gejala Asam Urat?

21 Desember 2023 21:30 WIB
Sering Dianggap Bisa Diobati Asam Urat, Benarkan Air Rebusan Daun Salam Bisa Atasi Gejala Asam Urat?

Daun salam. (Pixabay/zapach_bzu)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu tahu soal penyakit asam urat? Rupanya menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter, asam urat itu kondisi adanya gangguan pada sendi sehingga membuatnya terasa sakit. Selain itu, gejalanya kerap disertai dengan peradangan, bengkak, bahkan merah.

Hal itu pun dibuktikan dengan hasil tes asam urat yang hasilnya tinggi.

"Penyebab asam urat ialah konsumsi makanan tinggi purin, minuman alkohol dan penurunan fungsi ginjal sehingga asam urat tidak terbuang secara optimal," tutur dr. Riza dikutip Herstory, Kamis (12/21/2023).

Usut punya usut, jika Beauty menderita asam urat, kamu bisa konsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter untuk meredakan rasa nyerinya Beauty.

"Dimana jangak pengobatan dan dosisnya akan disesuaikan dengan kondisi si pasien dan akan dipantau terus oleh dokter," tutur dr. Riza.

Sementara itu, untuk daun salam yang sering dianggap bisa mengobati asam urat ity belum ada bukti ilmiah akan keefektifannya untuk menurunkan kadar asam urat.

"Jadi saran saya tetap konsumsi obat dari dokter dan melakukan pencegahan seperti melakukan olahraga, tidak konsumsi alkohol, menurunkan berat badan jika berlebih, menghindari makanan mengandung tinggi purin, konsumsi air putih yang cukup," sahut sang dokter.

Baca Juga: Waspada! Ini 3 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Asam Urat, Jangan Coba-coba Bandel Ya Beauty!

Baca Juga: 8 Pantangan Makanan Sahur dan Berbuka bagi Penderita Asam Urat, Bukan Cuma Jeroan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah