Menu

Liburan Sudah Tiba, Jangan Cuma Asyik Nikmati Suasana, Kamu Harus Tetap Atur Pola Makan, Jangan Sampai Terkena Gangguan Kolesterol!

25 Desember 2023 11:40 WIB
Liburan Sudah Tiba, Jangan Cuma Asyik Nikmati Suasana, Kamu Harus Tetap Atur Pola Makan, Jangan Sampai Terkena Gangguan Kolesterol!

Ilustrasi kolesterol tinggi. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, sekarang ini sudah memasuki liburan, gimana kamu dan keluarga pergi liburan kemana nih? 

Memang asyik saat liburan, tapi jangan lupa tetap jaga pola makan agar tetap sehat dan terhindar dari gangguan kolesterol, serta bahaya lainnya.

Moms dan keluarga harus hati-hati karena kolesterol ini kerap kali tak bergejala, tau-tau sudah berbahaya untuk tubuh.

Menurut dr. Wirawan Hambali, Sp. P. D yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam di RS Pondok Indah, kolesterol merupakan lemak yang memang sudah ada dalam tubuh. Di dalam darah, lemak kolesterol ini dibawa oleh protein. Nah, gabungan lemak kolesterol dan protein itu disebut dengan lipoprotein.

"Dalam kadar yang sesuai, kandungan tersebut sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru, membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. Selain itu, senyawa ini juga dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan, produksi hormon, dan membentuk vitamin D. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi, hal tersebut dapat membahayakan tubuh karena akan menyebabkan berbagai penyakit dan komplikasi," jelas sang dokter dikutip dari keterangan yang diterima Herstory, Senin 25 Desember 2023.

Karena kolesterol sendiri ada dalam di dalam tubuh, maka kamu bisa disebut mengalami gangguan jika nilainya di luar dari rentang nilai normal kolesterol seharusnya.

Pertama, ada jenis lipoprotein yang akrab disebut kolesterol jahat ini memiliki kepadatan rendah (LDL). Jenis ini disebut jahat karena peningkatan kadar LDL dalam tubuh bisa meningkatkan risiko pembentukan plak dalam pembuluh darah arteri.

"Dapat menimbulkan penyempitan aliran darah dan menyebabkan masalah pada jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya," jelas dokter.

Sementara itu, untuk jenis kedua ini lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) atau kolesterol baik yang berfungsi untuk angkut kolesterol (membersihkan/scavenger) dari pembuluh darah arteri untuk kembali ke dalam hati.

Baca Juga: Kolesterol dalam Tubuh Sedang Tinggi Beauty? Kamu Harus Tahu Nih Cara Mengatasinya, Penting Banget untuk Atur Pola Makan!

Baca Juga: Bukan Cuma Terapkan Gaya Hidup Sehat, 4 Langkah Ini Wajib Dilakukan Bauty Biar Gak Kena Kolesterol!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.