Menu

Sering Mendengkur Saat Tidur? Intip Penjelasan Ilmiahnya, Yuk!

03 Maret 2021 19:20 WIB
Sering Mendengkur Saat Tidur? Intip Penjelasan Ilmiahnya, Yuk!

Ilustrasi tidur mulut terbuka (Shutterstock)

HerStory, Tangerang —

Sebagai manusia biasa, tentunya tidur adalah kebiasaan yang enggak terlewatkan setiap harinya. Maka dari itu, enggak jarang kita banyak mengalami fenomena terkait hal ini.

Dari mulai fenomena yang aneh seperti sleep paralysis hingga fenomena yang cukup wajar dan sering terjadi seperti mendengkur tentunya sering kita saksikan. 

Kamu pasti pernah kan mendengarkan suara dengkuran seseorang ketika tidur bersama dengan orang tersebut? Misalnya ketika temanmu sedang sleepover di rumah. Atau jangan-jangan, kamu yang suka mendengkur saat tidur?

Sebenarnya, gimana, sih, mendengkur itu bisa terjadi? Dilansir dari kanal Youtube Kok Bisa, mendengkur bisa terjadi ketika udara enggak dapat bergerak dengan lancar.

Singkatnya, saat kita tidur otot tubuh kita menjadi lebih rileks termasuk di bagian atas pernapasan kita. Nah, karena hal ini, ruang masuk udara pun menjadi sempit.

Lalu, ketika udara dihirup atau dihembuskan  bagian pernapasan atas kita yang sedang rileks tersebut ikut bergetar  hingga akhirnya menghasilkan suara bising tersebut. Namun, apakah mendengkur saat tidur itu bahaya, ya?

Baca Juga: Meskipun Mengganggu, Tapi Mendengkur Juga Perlu Diwaspadai! Salah Satunya Gejala Depresi

Baca Juga: Anak Mendengkur saat Tidur, Apakah Pertanda Buruk?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Dwi Krisna Juniarti