Menu

Pertolongan Pertama Saat Anak Jatuh dan Kepalanya Terbentur, Tiati Moms karena Si Kecil Rawan Cedera

03 Januari 2024 17:40 WIB
Pertolongan Pertama Saat Anak Jatuh dan Kepalanya Terbentur, Tiati Moms karena Si Kecil Rawan Cedera

Ilustrasi anak jatuh (Pixabay/aiamkay)

HerStory, Jakarta —

Moms apakah kamu memiliki balita yang usianya sekitar 3 tahun? Nah, menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 19 Desember 2023 disebutkan jika anak umur 3 tahun rasa ingin tahu terhadap lingkungan sekitarnya sangat tinggi. Tak heran di fase ini anak-anak sangat rawan cedera jika Moms dan Dads tak mengawasinya dengan baik.

Salah satu kemungkinan yang bisa saja terjadi pada si kecil jatuh bahkan sampai kepalanya terbentur.

Dokter Nadia pun memberikan arahan untuk Moms dan Dads jika anak terbentur. Hal yang harus dilakukan pertama adalah mengenal bahaya jika anak kepalanya terbentur karena bisa membahayakan nyawa anak.

"Tanda bahaya yang perlu diwaspadai adalah jika anak mengalami muntah, kejang, lumpuh, sesak, perdarahan, atau penurunan kesadaran setelah benturan tersebut. Kondisi seperti ini biasanya menandakan suatu perdarahan di dalam tengkorak kepalanya, syaraf leher kejepit, retak atau patah tulang, dan cedera serius lainnya," jelas dr. Nadia dikutip Herstory, Rabu (1/3/2024).

Namun, jika si kecil tan menunjukan tanda-tanda tersebut, berarti kondisi si kecil bisa dikatakan aman. Meski begitu, Moms dan Dads harus tetap melakukan pertolongan pertama sebagai berikut:

  1. Pastikan anak banyak beristirahat.
  2. Pastikan anak makan dan minum seperti biasanya.
  3. Amati kemungkinan munculnya tanda bahaya.
  4. Selalu awasi si kecil saat beraktivitas, jauhkan dari kaca, benda tajam, tangga, dan benda yang bisa membahayakannya.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.