Menu

Kekurangan Zat Besi Bisa Bikin Masalah pada Bumil dan Janin, Cusss Moms Cara Penuhinnya!

03 Januari 2024 21:55 WIB
Kekurangan Zat Besi Bisa Bikin Masalah pada Bumil dan Janin, Cusss Moms Cara Penuhinnya!

Ilustrasi ibu hamil. (HerStory/Wafi)

HerStory, Jakarta —

Moms, kamu harus tahu jika para Moms hamil itu ternyata sangat memerlukan suplemen zat besi karena para Bumil itu sangat rentan mengalami anemia.

Menurut dr. Riska Larasati di laman Alodokter pada 19 Desember 2023 menjelaskan jika kekurangan zat besi pada Moms hamil berisiko menyebabkan banyak masalah pada janin. 

"Bayi lahir dengan berat badan rendah, lahir prematur, pertumbuhan janin terhambat dan sebagainya. Oleh karena saat hamil kebutuhan zat besi meningkat hingga 2x lipat, maka dengan kondisi tersebut ibu hamil memerlukan suplementasi zat besi," jelas dr. Riska dikutip Herstory, Rabu (1//3/2024).

Sementara itu untuk pemberian suplemen zat besi, Moms bisa konsumsi di awal kehamilan. Selain itu, sebaiknya konsumsi makanan tinggi zat bisa, seperti daging merah, sayuran hijau, kacang-kacangan, gandum, hati, kuning telur, dan buah.

"Mengenai suplementasi zat besi, sebaiknya dikonsumsi malam hari sebelum tidur untuk mengurangi mual. Selain itu hindari mengonsumsi dengan minuman yang mengganggu penyerapan zat besi seperti teh, kopi, coklat.Suplemen zat besi dapat dikonsumsi saat perut kosong, setidaknya 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan. Dalam mengonsumsinya sebaiknya dengan air putih," saran dr. Riska.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.