Menu

Moms dan Dads Harus Tahu, Inilah 4 Hal yang Seringkali Bikin Anak Gak Percaya Diri, Nomor 2 Sering Terjadi!

04 Januari 2024 19:25 WIB
Moms dan Dads Harus Tahu, Inilah 4 Hal yang Seringkali Bikin Anak Gak Percaya Diri, Nomor 2 Sering Terjadi!

Ilustrasi Anak Percaya Diri (Sumber/Thinkstockphotos)

HerStory, Jakarta —

Moms, apakah kamu tahu cara bagaimana agar bisa mengembangkan kepercayaan diri anak-anak?

Fyi nih Moms, anak-anak itu seperti pohon muda yang rentan, mungkin menghadapi berbagai hambatan yang menggoyahkan fondasi mereka.

 Tantangannya berkisar dari penyesuaian diri dengan kehidupan sekolah hingga beban hidup dan ekspektasi.

Penting bagi orang tua untuk memahami penyebab menurunnya rasa percaya diri anak agar dapat memberikan bantuan yang tepat. Dilansir Times of India melalui sindikasi Genpi.co, berikut penyebab anak kehilangan rasa percaya diri.

1. Merasa tak didukung

Bayangkan sebuah bunga mencoba mekar tanpa adanya sinar matahari. Demikian pula, jika anak tidak merasa dicintai dan dihargai, kepercayaan dirinya akan hilang. Lingkungan yang mendukung dan mengasuh adalah sinar matahari yang memungkinkan kepercayaan diri tumbuh subur.

2. Berusaha memenuhi ekspektasi

Anak sering kali merasakan beban ekspektasi, termasuk prestasi akademis, persetujuan orang tua, dan penerimaan teman sebaya.  Orang tua dapat meringankan beban ini dengan menciptakan lingkungan di mana upaya dipuji dan kesalahan dipandang sebagai batu loncatan menuju kesuksesan.

3. Tak kaur dengan orang lain

Konflik dengan teman sekelas dan perselisihan mengenai persahabatan dapat berdampak negatif pada harga diri seorang anak.

Meningkatkan keterampilan empati dan resolusi konflik pada anak dapat menghasilkan hubungan interpersonal yang lebih baik dan meningkatkan kepercayaan dirinya dalam lingkungan sosial.

Baca Juga: FELANCY Ajak Cici Konten Edukasi Komunitas 'Percaya Wanita' untuk Mengembangkan Kemampuannya, Intip Yuk Programnya!

Baca Juga: Oriflame Ajak Beauty Temukan Kebahagiaan Lewat Kampanye Reach Your Happy Place, Gimana Caranya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan