Menu

4 Ciri Keputihan Tak Normal, Ternyata Menimbulkan Bau Moms, Yuk Simak Tanda Lainnya Yuk!

08 Januari 2024 01:15 WIB
4 Ciri Keputihan Tak Normal, Ternyata Menimbulkan Bau Moms, Yuk Simak Tanda Lainnya Yuk!

Ilustrasi vagina yang mengalami keputihan (Pexel/Ivan Babydov)

HerStory, Jakarta —

Moms, meski keputihan dianggap normal, tapi kamu harus berhati-hati kepada keputihan, apalagi jika kamu sedang hamil.

Menurut dr. Fadhilah az Zahro, CIMI pada 20 Desember 2023, keputihan pada Moms hamil itu disebabkan oleh banyak hal.

"Penyebab keputihan perlu diketahui untuk mendapatkan penanganan yang tepat," jelas dr. Fadhilah dikutip pada Jumat (1/5/2024).

Berkaitan dengan itu, dokter Fadhilah pun memberikan informasi soal penyebab keputihan normal dan tak normal. Yuk langsung simak aja Moms

1. Keputihan normal

Keputihan normal ini terjadi karena adanya perubahan hormon. Nah, keputihan ini terjadi saat wanita mendapatkan rangsangan seksual, saat hamil,saat menyusui, saat stres, maupun saat menggunakan KB hormonal.

2. Keputihan tak normal

Keputihan tak normal itu disebabkan oleh penyakit vulvovaginitis, infeksi jamur, infeksi bakteriĀ  (vaginosis bakterialis, gonore,chlamydia), infeksi parasit (trikomoniasis), kanker rahim atau kanker leher rahim (kanker serviks).

Baca Juga: Deretan Penyebab yang Bisa Bikin Keputihan Kamu Memiliki Bau Tak Sedap, Cusss Cari Tahu Juga Cara Mengatasinya Beauty!

Baca Juga: Bisa Jadi Bukan Hal Normal, Intip Moms Tanda-tanda Keputihan Abnormal pada Ibu Hamil, Kenali dari Bau dan Warnanya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.