Menu

Bisa Hambat Perkembangan Janin, Tiati Moms Hamil Saat Konsumsi Kafein, Yuk Cari Tahu Efek Sampingnya!

08 Januari 2024 13:55 WIB
Bisa Hambat Perkembangan Janin, Tiati Moms Hamil Saat Konsumsi Kafein, Yuk Cari Tahu Efek Sampingnya!

Kopi piccolo latte. (Istimewa/Filosofi Kopi/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms hamil, apakah kalian suka konsumsi minuman mengandung kafein seperti kopi-kopi kekinian? Rupanya menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 5 Januari 2024 ,menjelaskan jika kafein untuk ibu hamil sangat berisiko memicu bahaya untuk Moms maupun janinnya.

"Kandungan kafein dalam minuman ini dikhawatirkan bisa memicu berbagai komplikasi, termasuk hambatan perkembangan janin dalam rahim (IUGR), berat bayi lahir rendah (BBLR), keguguran, dan sebagainya," jelas dr. Nadia dikutip Herstory, Senin (1/8/2024).

Berkaitan dengan itu, dr. Nadia menyarankan untuk para Moms hamil untuk membatasi makanan atau minuman berkafein. Sebaiknya, jangan sampai lebih dari 200mg per harinya.

Tak hanya itu saja, kafein untuk Moms hamil pun bisa memicu banyak efek samping, mulai dari picu asam lambung naik, hingga gangguan tidur.

"Konsumsi kafein berlebihan pada orang yang sensitif bisa juga memicu peningkatan asam lambung, gangguan tidur, jantung berdebar, gelisah berlebihan, dan beragam keluhan lainnya," tutur dr. Nadia.

Baca Juga: Jarang Disadari, Ini 7 Tanda Kelebihan Kafein pada Tubuh! Nomor 6 Paling Gak Nyaman!

Baca Juga: Sering Disepelekan, Ternyata Kafein Bisa Tingkatkan Risiko Hipertensi, Kok Bisa?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan