Menu

Bukan Cuma Kanker atau Tumor, Ini 4 Hal yang Bisa Bikin Beauty Punya Benjolan di Tubuh, Jangan Panik Dulu!

09 Januari 2024 10:35 WIB
Bukan Cuma Kanker atau Tumor, Ini 4 Hal yang Bisa Bikin Beauty Punya Benjolan di Tubuh, Jangan Panik Dulu!

Ilustrasi tumor payudara. (unsplash/Victoria Strukovskaya)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu pasti paham jika benjolan kerap diidentifikasi oleh banyak orang sebagai kanker dan tumor, hingga si pemiliknya pun  jadi was-was bahkan sebelum didiagnosa oleh dokter.

Penyebab benjolan di tubuh

Usut punya usut, menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah pada 8 Januari 2024, ternyata ada 4 kemungkinan jika Moms memiliki benjolan lunak di bagian tubuh paha, kira-kira apa saja ya? Cusss simak berikut ini:

1. Tumor jinak

Benjolan lunak yang ada di paha kamu bisa saja merupakan tumor jinak, misalnya kista sebasea, kista dermoid, fibroma, maupun lipoma.

2. Keloid

Nah, ternyata benjolan lunak, bukan berarti tumor atau kanker saja lho Beauty, bisa saja itu merupakan keloid. Fyi ya Beauty, keloid adalah pertumbuhan jaringan parut yang berlebihan setelah Beauty mengalami luka atau radang di kulit.

3. Limfadenopati

Selain keloid, tumor, dan kanker, ternyata limfadenopati pun bisa menyebabkan benjolan lunak di tubuh. Nah, ternyata itu bisa disebabkan oleh kelenjar getah bening yang muncul karena suatu infeksi, gangguan peradangan, gangguan autoimun hingga keganasan suatu penyakit.

4. Faktor lain

Penyebab benjolan lunak di tubuh bagian paha itu bisa disebabkan oleh faktor lain, salah satunya kanker. Selain itu, benjolan tersebut pun bisa disebabkan oleh skin tag, karena cedera, hernia inguinalis, dan lainnya. 

Di sisi lain, jika Beauty mengalami benjolan lunak tersebut, jangan pernah untuk bertindak sendiri. Kamu sebaiknya segera pergi ke dokter.

Baca Juga: Muncul Benjolan di Leher, Jangan Panik Dulu Moms! Begini Penjelasan Dokter, Simak Yuk...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.