Menu

Tips Olah Jamur untuk MPASI Si Kecil, Moms Harus Tahu agar Terhindari dari Efek Samping Berbahaya!

09 Januari 2024 13:21 WIB
Tips Olah Jamur untuk MPASI Si Kecil, Moms Harus Tahu agar Terhindari dari Efek Samping Berbahaya!

Jamur Enoki. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms apakah sekarang si kecil memasuki tahap konsumsi makanan pendamping air susu ibu atau MPASI? Jika iya, apakah kamu sering bingung menentukan bahan pangan apa saja yang dikonsumsi oleh si kecil?

Kamu bisa coba jamur Moms, bahan pangan ini biasanya digunakan untuk jadi kaldu maupun jadi pendamping tumisan, jadi sup, maupun pelengkap pasta.

Sementara itu, mengutip dari laman Alodokter yang sudah ditinjau oleh dr. Merry Dame Cristy Pane, ternyata jamur ini baru bisa dikonsumsi bayi saat usia 10-12 bulan.

Untuk kandungan nutrisinya sendiri, jamur mengandung kalium yang bisa menutrisi sel saraf otak, menjaga irama jantung anak, dan mendukung perkembangan otot. Selain itu, jamur memiliki manfaat lain, seperti menjaga asupan cairan agar tekanan darah stabil, mengurangi risiko batu ginjal dan osteoporosis. Serta ada beberapa jamur yang memiliki kandungan vitamin D untuk kesehatan gigi dan tulang.

Tips mengolah jamur untuk MPASI

Jika sudah tahu apa saja manfaat yang bisa si kecil dapatkan saat konsumsi jamur, Moms harus tahu tips mengolah jamur agar si kecil tak mendapatkan efek samping berbahaya. Cusss langsung simak saja berikut ini.

  1. Moms harus memilih jamur yang masih utuh dan bersih, hindari jamur yang basah, lembap, keras, dan berlendir.
  2. Sebelum mengolah jamur, pastikan untuk cuci tangan.
  3. Bersihkan jamur secara menyeluruh dengan air mengalir.
  4. Jika Moms ingin menumis atau menghaluskan jamur, sebaiknya gunakan bawang putih, sedikit garam, dan minyak zaitun agar bisa menambah cita rasa.
  5. Saat memasak, pastikan jamur matang merata.
  6. Moms bisa sajikan jamur dengan bayam, kacang hijau, kentang, atau makanan sehat lainnya.
  7. Jika belum diolah, pastikan untuk menyimpan jamur dalam wadah tertutup dan masukan ke dalam kulkas, maksimal 5 hari.

Baca Juga: Sesuai Anjuran Kemenkes, Cusss Intip Resep Bubur Singkong Kukuruyuk Saus Jeruk untuk Bayi 6 Sampai 8 Bulan, Kandungan Gizinya Lengkap Lho!

Baca Juga: Punya Banyak Manfaat untuk Tumbang Si Kecil, Moms Harus Tahu Nih Cara Tepat Mengolah Ikan, Pastikan Masih Segar!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.