Menu

Waspada Moms! Sepele tapi Akibatnya Fatal, Ini Penyakit yang Datang Gegara Males Nyuci Handuk, Jangan Ngeyel Ya!

10 Januari 2024 22:55 WIB
Waspada Moms! Sepele tapi Akibatnya Fatal, Ini Penyakit yang Datang Gegara Males Nyuci Handuk, Jangan Ngeyel Ya!

Seorang wanita sedang mengeringkan rambut menggunakan handuk. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Dalam kehidupan sehari-hari, handuk memiliki peran penting terutama sebagai alat pengering yang efisien setelah mandi atau mencuci muka.

Meskipun terlihat bersih, hansuk juga bisa menjadi sarang bagi kuman yang tak terlihat oleh manusia lho Moms! Waduh, seram ya!

Mengutip dari jurnal "Higeia Journal Of Public Health Research And Development" bahwa pemakaian handuk yang kurang benar dapat memicu terjadinya penyakit kulit. Handuk yang digunakan sebaiknya diusahakan selalu tetap kering. Handuk yang basah atau lembab dapat menjadi sarang mikroorganisme.

Perlu diketahui juga selain pemakaian handuk harus sering dicuci, handuk tak boleh dipakai bersama orang lain karena pemakaian handuk yang bergantian dapat menyebabkan berpindahnya mikroorganisme dari satu orang ke orang lain, sehingga hal ini dapat menjadi penyebab terjadinya penlaran penyakit kulit.

Berdasarkan jurnal "Gambaran Kejadian Dermatitis di Pengungsian Wilayah Kerja Puskesmas Kamonji" sebagian besar orang tak mengetahui bahwa handuk harus diganti apabila telah digunakan selama seminggu, responden menganggap handuk yang digunakan seminggu belum kotor dan belum bisa diganti atau dicuci, sehingga ada beberapa responden yang mengalami dermatitis yang dipicu karena handuk yang kotor.

Baca Juga: Waspada Bahaya! Ini Penyakit yang Dipicu dari Produk Body Bleaching, Jangan Asal-asalan Ya Beauty!

Baca Juga: Jangan Ngeyel Ya Moms! Ini 5 Hal yang Sering Dianggap Remeh Wanita Usai Bercinta, Tiati Penyakit Serius Bisa Mengintai!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.