Menu

Penyebab Haid Tak Lancar Saat Menyusui Anak, Jangan Dibawa Pusing Ya Moms, Simak Yuk Penjelasannya...

16 Januari 2024 18:05 WIB
Penyebab Haid Tak Lancar Saat Menyusui Anak, Jangan Dibawa Pusing Ya Moms, Simak Yuk Penjelasannya...

Ilustrasi ibu menyusui. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, apakah kamu pernah merasakan menstruasi yang tak lancar saat menyusui si kecil? Rupanya menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter pada 29 Desember 2023, menjelaskan jika haid tak lancar merupakan kondisi yang wajar, apalagi untuk Moms setelah melahirkan.

"Normalnya ketika anda mendapatkan menstruasi pertama setelah melahirkan, fase haid tersebut memang dapat berjalan tidak teratur," jelas dr. Riza dikutip Herstory, Selasa (16/1/2024).

Untuk penyebabnya sendiri itu bisa karena beberapa faktor, pertama adanya perubahan hormon dalam tubuh saat menyusui karena Moms memproduksi ASI sehingga akan mengeluarkan hormon yang bisa hambat munculnya hormon yang berpengaruh pada menstruasi.

"Bukan saja hormon menyusui, hormon lain juga mempengaruhi karena setelah melahirkan akan mengalami perubahan hormon dan perubahan berat badan tubuh, aktivitas anda juga terganggu seperti kelelahan dan stres, penggunaan KB juga memicu siklus haid menjadi tidak teratur," jelas dr. Riza.

Cara mengatasi menstruasi tak lancar saat menyusui

Untuk mengatasi hal tersebut, Moms bisa simak beberapa tips dari dr. Riza berikut ini:

  1. Cobalah untuk istirahat, kamu harus atur waktu agar tetap bisa istirahat meski sedang menyusui. Misalnya membagi waktu dengan suami atau saat bayi tidur.
  2. Pastikan untuk menyempatkan olahraga ringan.
  3. Konsumsi makanan yang bergizi.
  4. Kelola stres dengan baik.

Baca Juga: Dijamin Siklus Haid Jadi Teratur, Berikut 7 Cara Melancarkan Menstruasi, Salah Satunya Rajin Olahraga!

Baca Juga: 2 Alasan Utama Penyebab Menstruasi Tak Lancar, Bisa Jadi Ada Penyakit Berbahaya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.