Menu

PakSu Sering Jengkel Saat Istri Ungkit Masalah Lama? Cusss Cari Tahu Yuk Cara Nanggepinnya, Ingat Gak Boleh Pakai Emosi!

16 Januari 2024 20:00 WIB
PakSu Sering Jengkel Saat Istri Ungkit Masalah Lama? Cusss Cari Tahu Yuk Cara Nanggepinnya, Ingat Gak Boleh Pakai Emosi!

Ilustrasi pasangan bertengkar (nypost.com/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Moms dan Dads yang sudah berumah tangga pasti menyadari jika kehidupan setelah menikah bukan lagi soal cinta, tapi banyak sekali permasalahan yang harus dihadapi.

Selain itu, tak jarang pula wanita akan kembali mengungkit kesalahan suami saat ia merasa kesal. 

Karakter dasar wanita yang sering mengungkit kesalahan suami itulah seringkali justru memperpanjang perdebatan dan permasalahan rumah tangga. Apalagi jika suami sulit mengendalikan emosinya maupun amarah istri.

Dr Dedy Susanto, psikolog pun membagikan alasan wanita kerap mengungkit masalah yang sudah lewat dan cara menghadapi karakter tersebut melalui di channel Youtube pribadinya.

Ia menegaskan bahwa sudah garisnya wanita memiliki karakter suka mengingat dan mengungkit kesalahan suami. Karena, wanita memang memiliki karakter pengingat, berbeda dengan lelaki yang mudah lupa.

"Wanita pada hakekatnya adalah ahli sejarah. Wanita itu otaknya lebih pengingat daripada laki-laki," ujar Dr Dedy Susanto dilansir dari channel Youtube Kuliah Psikologi.

Sehingga bukan salah wanita jika suka mengingat permasalahan masa lalu. Suami hanya perlu melakukan suatu tindakan khusus agar istri tidak mengungkit kesalahan masa lalu.

Dalam hal ini, seorang psikolog tidak mampu membuat istri untuk tidak mengungkit masalah lama. Suami yang justru mengambil sikap agar membuat istri malu dan sungkan jika ingin mengungkit masalahnya lagi.

Satu-satunya cara dengan membuat istri merasa sangat dicintai dan diinginkan oleh suami. Tak ada salahnya berperilaku romantis, karena ini merupakan pengobatan satu-satunya agar hubungan harmonis.

"Caranya ada di suami, rumusnya begini wanita kalau merasa cukup disayang, diperhatikan. Dia akan sungkan sama suaminya, dia akan malu kalau mau ungkit-ungkit masa lalu. Wanita kalau cukup disayang galaknya berkurang, orang kalau disayang akan tunduk dan sungkan," katanya.

Menurut Dedy Susanto, perhatian kecil dari suami seperti menemani ke salon atau membawakan oleh-oleh sudah cukup membuat seorang wanita merasa berbunga-bunga.

"Jadi nggak ada cara lain agar istrimu tidak ungkit-ungkit kesalahanmu. Kamu harus kasih perhatian ekstra, kasih sayang ekstra," tuturnya.

Dedy Susanto menekankan agar suami melakukan suatu tindakan yang tidak biasa dilakukan sehari-hari jika ingin istri tidak mengungkit kembali kesalahannya.

Baca Juga: Kembali Dijodohkan Saat Rumah Tangga Ria Ricis dan Teuku Ryan Diisukan Retak, Haris Vriza Jawab Tegas: Jaga Perasaan Suaminya!

Baca Juga: Langsung Bikin Sumringah, Wajib Disimak 4 Tips Menjamu Suami Pulang Kerja, Cus Praktikkan Sekarang Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Ida Umy Rasyidah