Menu

Deretan Penyebab yang Bikin Moms dan Dads Tak Kunjung Memiliki Momongan, Perhatikan Kondisi Organ Reproduksi!

16 Januari 2024 23:00 WIB
Deretan Penyebab yang Bikin Moms dan Dads Tak Kunjung Memiliki Momongan, Perhatikan Kondisi Organ Reproduksi!

Illustrasi Menambah Momongan (iStock)

HerStory, Jakarta —

Moms, Dads, apakah kalian sedang mengusahakan agar bisa memiliki momongan? Menurut dr. Riska Larasati di laman Alodokter pada 11 Januari 2024, ternyata faktor utama yang bisa meningkatkan kehamilan adalah sperma dan ovum.

"Namun pada umumnya kemungkinan hamil meningkat bila dilakukan pembuahan pada masa subur dimana sel telur yang telah matang siap untuk dibuahi," jelas dr. Riska dikutip Herstory, Selasa (16/1/2024).

Di sisi lain, ternyata bukan cuma kualitas sperma dan sel telur saja yang perlu diperhatikan. Kondisi fisik Moms dan Dads pun ternyata sangat berpengaruh untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Sementara itu, jika dalam usia setahun pernikahan masih belum dikasih momongan dan Moms tak menggunakan KB, sebaiknya periksa ke dokter terkait kondisi organ reproduksi Moms dan Dads.

"Karena bila tidak melakukan kontrasepsi dan rutin berhubungan maka kehamilan dapat segera terjadi," jelas dr. Riska.

Sementara itu, ada beberapa hal yang bisa menghambat Moms untuk hamil meskipun tak sedang menggunakan KB. Itu bisa saja disebabkan karena menderita kista, PCOS, dan masalah reproduksi lainnya.

"Sedangkan pada pria dapat terjadi akibat masalah pada sel sperma seperti jumlah, morfologi maupun gerakan," tutur dr. Riska.

Baca Juga: Resep dr. Zaidul Akbar: Racikan Kunyit, Ketumbar, dan Serai Bisa Bantu Meningkatkan Kesuburan! Cocok Buat Wanita yang Lagi Program Hamil

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan