Obesitas sering ditakuti banyak orang karena memiliki efek mematikan yang sama seperti penyakit kronis lainnya. Banyak faktor yang mampu menyebabkan seseorang menderita kelebihan berat badan atau obesitas. Mulai dari pola makan sembarangan, kurangnya aktivitas fisik, hingga rasa kesepian.

Dilansir dari berbagai sumber, (04/03/2021) psikolog John Cacioppo dari University of Chicago pun mengatakan bahwa rasa kesepian mampu meningkatkan resiko obesitas hingga dua kali lipat.

Kesepian nggak cuma mengancam kesejahteraan jiwa, namun juga fisikmu. Sebab saat merasa kesepian, gula darah akan menurun sehingga memicu rasa lapar yang amat sangat.

Demikian juga rasa sakit dan kesepian membuatmu terisolir dari keadaan sekitar dan mengancam kerusakan tubuh. Karena itu, secara naluriah maka manusia akan melakukan tindakan untuk menjaga dirinya agar tetap hidup dan berkembang, salah satu caranya adalah dengan makan.

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan bahwa kesepian mampu meningkatkan tekanan darah, meningkatkan respon inflamasi terhadap sistem kekebalan tubuh, mengganggu tidur, meningkatkan hormon stres, dan tentunya meningkatkan gejala depresi.

Baca Juga: Beauty, Ini 4 Fakta tentang Kesepian, Sudah Tahu Belum?

Kesepian terkadang datang hanya dari pikiranmu. Karena itu, sibukkan diri dan bersosialisasilah. Jangan menuruti rasa sepi yang tiba-tiba muncul di dalam pikiranmu sebab hal ini mampu merusak fisik dan juga jiwamu, Beauty.