Menu

Tips Tingkatkan Produksi ASI saat Moms Menyusui Si Kecil, Penting Banget Konsumsi Makanan Bergizi Moms!

22 Januari 2024 15:50 WIB
Tips Tingkatkan Produksi ASI saat Moms Menyusui Si Kecil, Penting Banget Konsumsi Makanan Bergizi Moms!

Ilustrasi ibu menyusui. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, apakah kamu memiliki keluhan ASI yang seret saat menyusui si kecil? Usut punya usut, menurut dr. Riska Larasati di laman Alodokter pada 22 Januari 2024, ternyata kebutuhan suplai ASI itu akan mempengaruhi produksi ASI, atau supply and demand.

"Maka dari itu pada umumnya pemberian ASI tidak kurang karena bergantung dari kebutuhan dari bayi. Sehingga penting untuk memperhatikan produksi ASI," jelas dr. Riska dikutip Herstory, Senin (22/1/2024).

Sementara itu, ada juga faktor-faktor eksternal yang bikin ASI jadi banyak atau justru seret.

Menurut dr. Riska Larasati hal itu juga dipengaruhi oleh konsumsi makanan, hingga stres yang dialami oleh para Ibu.

"Untuk meningkatkan produksi ASI sebaiknya menyusui lebih sering, pastikan perlekatan menyusui baik, lalu dapat melakukan pompa payudara untuk membantu meningkatkan produksi ASI, makan-makanan bergizi, minum air putih 3 liter sehari," saran dr. Riska.

Sementara itu, untuk makanan-makanan yang bisa meningkatkan ASI itu kamu bisa dapat dari daun katuk, daun bayak dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Mengolah Daun Kelor untuk Tingkatkan Produksi dan Kualitas ASI, Bisa Jadi Sayur Bening Moms!

Baca Juga: Moms Sering Merasa Payudara Jadi Keras dan Nyeri Saat Menyusui? Tiati Ya Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya, Intip Yuk...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.