Menu

Tiati Tambah Parah, Ini Lho Bahaya Minum Susu Saat Sakit Lambung, Sebaiknya Hindari ya Beauty!

24 Januari 2024 01:15 WIB
Tiati Tambah Parah, Ini Lho Bahaya Minum Susu Saat Sakit Lambung, Sebaiknya Hindari ya Beauty!

Ilustrasi Susu (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu memiliki keluhan sakit lambung hingga sering kambuh? Usut punya usut, menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter pada 23 Januari 2024, ternyata sakit lambung yang parah bisa diatasi dengan konsumsi obat lambung yang dijual bebas, seperti antasida.

Setelah itu, jika masih kambuh, kamu perlu menghindari makanan dan minuman yang bisa meningkatkan asam lambung naik, mulai dari minuman mengandung kafein, makanan pedas, dan makanan asam.

"Konsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering serta tidak mengenakan pakaian yang sempit atau ketat dan kelola stres dan cemas anda," saran dr. Riza dikutip Herstory, Rabu (24/1/2024).

Sementara itu, saat sakit lambung yang kamu derita itu kambuh, kamu harus menghindari beberapa makanan dan minuman, salah satunya susu.

Berdasarkan informasi dari dr. Riza, rupanya susu bisa memperburuk sakit maag yang kamu alami.

"Hindari konsumsi susu saat sedang terjadi gejala sakit lambung karena bisa memperburuk sakit maag anda, jadi susu tidak bisa meredakan keluhan sakit lambung anda, justru makin memperberat, hal ini karena kandungan lemak susu dapat membuat otot bagian bawah kerongkongan menjadi lebih lentur sehingga membuat otot semakin tidak dapat menutup rapat sehingga memicu asam lambung semakin naik ke atas," saran dr. Riza.

Di sisi lain, menurut dr. Riza penyakit asam lambung itu terjadi saat asam lambung naik ke kerongkongan karena otot kerongkongan yang lemah,"sehingga isi lambung naik ke atas kerongkongan yang menimbulkan keluhan dada terasa terbakar atau panas, dada terasa sesak dan mengalami keluhan sakit maag."

Baca Juga: Langkah Simpel yang Harus Beauty Lakukaan Saat Asam Lambung Kumat, Ternyata oh Ternyata...

Baca Juga: 6 Gejala yang Akan Beauty Rasakan Jika Asam Lambung Kumat, Ternyata Bukan hanya Nyeri Ulu Hati Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.