Menu

Bukan Cuma Kompres Pakai Es, Ini Lho Cara Lain Sembuhkan Sunburn yang Beauty Alami, Jangan Diskip Ya!

25 Januari 2024 07:15 WIB
Bukan Cuma Kompres Pakai Es, Ini Lho Cara Lain Sembuhkan Sunburn yang Beauty Alami, Jangan Diskip Ya!

Ilustrasi kulit terbakar matahari. (Thetab/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu pernah mengalami sunburn? Itu lho kondisi kulit yang mengalami iritasi akibat dari paparan sinar matahari.

Menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter pada 11 Januari 2024, suburn sendiri memiliki berbagai macam gejala, mulai dari kemerahan, nyeri, hingga rasa panas seperti terbakar.

"Penyebab terjadinya kondisi ini karena paparan radiasi sinar UV berlebihan masuk ke dalam kulit yang dapat merusak sel-sel kulit, sel kulit yang rusak ini kemudian akan memicu respon imun yang memicu tubuh menghancurkan sel rusak tersebut proses inilah yang menyebabkan iritasi pada kulit," tutur dr. Riza saat menjelaskan penyebab sunburn dikutip Herstory, Kamis (24/1/2024).

Nah, Beauty pun harus berhati-hati terhadap sinar matahari, karena selain menyebabkan sunburn, ternyata bisa bikin kulit jadi lebih gelap.

"Karena tubuh menghasilkan pigmen berlebihan pada area tersebut untuk melindungi kulit akibat paparan sinar matahari berlebihan tersebut," tutur dr. Riza.

Cara mengatasi sunburn

Sementara itu, bicara soal sunburn, kamu bisa mengatasinya dengan berbagai macam cara, salah satunya kompres menggunakan air es.

"Kompres dingin pada kulit yang terbakar dengan cara rendam handuk dalam air es," ungkap dr. Riza.

Selain itu, cusss simak cara lain mengatasi sunburn seperti yang dijelaskan oleh dr. Riza berikut ini.

  1. Cobalah mandi atau berendam menggunakan air dingin.
  2. Oleskan pelembap dengan kandungan lidah buaya.
  3. Untuk mencegahnya, sebaiknya gunakan pakaian tertutup saat keluar rumah.
  4. Konsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol.

Baca Juga: Kulit Kemerahan karena Sunburn? Jangan Didiamkan Beauty, Ini Penanganan Pertama untuk Kulitmu yang Terbakar Matahari...

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Terlalu Sering Terpapar Matahari Tanpa Pelindung Bisa Sebabkan Kanker Kulit? Begini Kata Dokter Moms..

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan