Menu

Eits, Jangan Anggap Remeh Moms! Ternyata Alat MPASI Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak, Waspada Penyakit Mematikan Mengintai Si Kecil!

29 Januari 2024 14:25 WIB
Eits, Jangan Anggap Remeh Moms! Ternyata Alat MPASI Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak, Waspada Penyakit Mematikan Mengintai Si Kecil!

Ilustrasi ibu sedang beri makan MPASI untuk anak (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Menjelang Hari Gizi Nasional, momen ini bisa menjadi saat yang sangat pas untuk bisa mengampanyekan peran makanan pendamping air susu ibu (MPASI) yang sehat dan bergizi untuk anak lho Moms.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) secara tegas menyebutkan bahwa pengaruh MPASI yang tepat pada tumbuh kembang bayi sangat tinggi.

"MPASI diberikan dengan cara yang benar (Aman), ini artinya diberikan secara terjadwal dan juga mengikuti respon lapar dan kenyang dari anak-anak," ujar Lovely Daisy.

Sementara itu melansir laman Healthline, selain menu dan gizi, kebersihan alat MPASI juga wajib jadi perhatian orangtua. Sebab, menjaga kebersihan alat makan MPASI penting bagi kesehatan bayi, terutama mencegah penularan penyakit dari kuman dan bakteri. Beberapa alasan pentingnya menjaga kebersihan alat makan MPASI, di antaranya:

Mencegah Penularan Penyakit: Penyakit dapat mudah menular melalui kontak dengan alat makan yang kotor. Dengan menjaga kebersihan alat makan, risiko penularan penyakit dapat diminimalkan.

Menghindari Keracunan Makanan: Jika alat makan tak dibersihkan dengan baik, sisa-sisa makanan yang menempel dapat menjadi tempat perkembangan bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan jika tak segera diatasi.

Pencegahan Alergi: Kebersihan alat makan juga berkaitan dengan pencegahan alergi makanan. Sisa-sisa protein atau zat-zat alergen yang tertinggal pada alat makan dapat menyebabkan reaksi alergi pada bayi atau anak.

Pendidikan Pola Hidup Sehat: Dengan mengajarkan kebiasaan menjaga kebersihan alat makan dari awal, orang tua dapat membantu membentuk pola hidup sehat pada anak-anak, yang akan berdampak positif pada kesehatan mereka di masa depan.

Baca Juga: Kebanyakan Anak Indonesia Skip Sarapan, Apa Sih Pentingnya Makan Pagi untuk Tumbuh Kembang Anak?

Baca Juga: 4 Tips Lakukan Catch-Up Growth, Kejar Tumbuh Kembang Anak yang Terlambat, Moms dan Dads Harus Kerja Sama!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza