Menu

Bukan Cuma Kulit, Ini Lho Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Kuku, Ternyata Bisa Cegah Datangnya Jamur!

30 Januari 2024 19:25 WIB
Bukan Cuma Kulit, Ini Lho Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Kuku, Ternyata Bisa Cegah Datangnya Jamur!

Cuka apel. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu pasti tahu jika cuka apel kerap digunakan untuk kecantikan. Nah, kamu pun harus tahu jika cuka apel terbuat dari fermentasi sari apel.

Melansir dari laman halodoc.com, dikarenakan merupakan hasil dari proses fermentasi, cuka apel juga memiliki kandungan probiotik yang cukup baik menjaga kesehatan saluran pencernaan apabila dikonsumsi dengan makanan lain.

Selain itu, cuka apel juga kaya akan kandungan lainnya seperti kalium, fosfor, magnesium dan zat besi. Tidak hanya digunakan sebagai campuran bahan makanan, cuka apel ternyata juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Banyak pengobatan tradisional yang menggunakan cuka apel sebagai salah satu media perawatannya. Berikut 3 manfaat dari cuka apel dalam dunia kesehatan tradisional.

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Cuka apel selain dimanfaatkan sebagai bahan baku makanan, ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai perawatan kulit alami.

Melansir dari artikel berjudul “Apple Cider Vinegar: For Face, Cleanser, and Spot Treatment”, cuka apel mengandung banyak sekali mineral dan vitamin alami yang dapat digunakan untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit secara alami.

Menggunakan cuka apel tentunya dapat menyeimbangkan kandungan pH dalam sel kulit dan menghindari dari kondisi kulit kering.

Caranya, kamu cukup menuangkan beberapa tetes cuka apel ke air bersih dan balurkan dengan menggunakan kapas ke bagian wajah maupun kulit lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cuka apel sebagai masker alami dengan menggunakan campuran dari ampas teh maupun bahan alami lainnya sebagai masker.

2. Mencegah Jamur Kuku

Salah satu manfaat dari cuka apel yang jarang diketahui adalah dapat menurunkan risiko pertumbuhan jamur pada kuku.

Jamur kuku atau onychomycosis adalah sebuah kondisi dimana jamur tumbuh di area sekitar kuku dan dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh apabila tidak ditangani.

Baca Juga: Bukan Cuma Kesehatan Kulit yang Harus Dijaga, Cusss Beauty Cari Tahu Jaga Kesehatan Kulit, Auto Berkilau dan Kuat!

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele! 7 Kondisi Kuku yang Jarang Disadari Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan