Menu

Dorong Desainer Muda Lestarikan Budaya Betawi, APPMI Adakan Kompetisi IYFDC 2024

30 Januari 2024 23:54 WIB
Dorong Desainer Muda Lestarikan Budaya Betawi, APPMI Adakan Kompetisi IYFDC 2024

Indonesia Young Fashion Designer Competition atau IYFDC (Herstory/Nailul Iffah)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tahun ini Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan Indonesia Fashion Week (IFW) kembali menggelar kompetisi Indonesia Young Fashion Designer Competition atau IYFDC. 

Ajang ini menjadi wadah bagi para desainer muda untuk ikut andil dalam melestarikan dan mengembangkan budaya Indonesia lewat karya mereka. 

Ketua Umum APPMI Poppy Dharsono menjelaskan bahwa tema IYFDC 2024 adalah Budaya Betawi. Tema tersebut sejalan dengan tema besar IFW 2024. 

"Para peserta IYFDC 2024 kami wajibkan untuk menggunakan tema budaya Betawi dalam desain busananya," kata Poppy Dharsono. 

Menurut Poppy, pemenang IYFDC 2024 harus mampu merealisasikan tema dalam desain busana. Tak hanya itu, penilaian juga berkaitan dengan kreativitas dan inovasi dalam menciptakan busana ready-to-wear yang sarat akan nilai budaya Betawi. 

"Penggunaan unsur kekayaan lokal juga menjadi faktor penting dalam penilaian agar sejalan dengan misi APPMI melalui IFW yaitu melestarikan dan mengembangkan kekayaan lokal di bidang fashion," papar Poppy Dharsono. 

"Unsur penting lainnya adalah daya pakai serta daya jual dari produk yang dikembangkan para peserta IYFDC 2024. Bahkan poin yang tak kalah penting adalah penggunaan unsur fashion berkelanjutan," tambahnya. 

Di IYFDC 2024, tercatat ada 500 pendaftar dengan total sketsa yang terkumpul sebanyak 108 karya. Proses penjurian sejatinya telah dilakukan sejak 22 Desember 2023 yaitu penjurian sketsa dan dari sana terpilih 43 peserta yang lolos ke babak semifinal. 

Peserta IYFDC 2024 sendiri datang dari berbagai wilayah, tak hanya Jabodetabek. 

Saat ini peserta tengah berjuang di babak semifinal, yang mana mereka dituntut harus bisa merealisasikan masing-masing 2 set busana dan dipresentasikan ke hadapan para dewa juri. 

Dari tahap semifinal ini, akan terpilih 20 peserta yang nantinya melaju ke babak final yang berlangsung di panggung besar IFW 2024 dengan menampilkan masing-masing 4 busana kreasi. 

Di kesempatan yang sama, Naniek Rachmat yang juga merupakan anggota APPMI mengatakan bahwa para pemenang akan diumumkan di runway IFW 2024.  Di mana pemenang IYFDC 2024 berkesempatan mendapatkan beasiswa pendidikan di bidang fashion di Koefia Academy di Roma, Italia. 

"Sementara itu, untuk juara 2, 3, dan favorit akan mendapatkan program khusus di kampus fashion ternama di Jakarta. Tentunya akan ada hadiah hiburan lainnya, seperti uang tunai hingga produk menarik," ungkap Naniek. 

Beauty, penyelenggaraan IYFDC 2024 mendapat dukungan luar biasa dari Tokopedia. Salah satu bentuk dukungannya adalah penyelenggaraan penjurian semifinal dilangsungkan di auditorium Tokopedia Tower, hari ini Selasa, 30 Januari 2024. 

Selain itu, dukungan lain Tokopedia untuk IFW 2024 secara umum adalah sebagai Official E-Commerce, Ticketing Partner, dan Co-Host IFW 2024. Kolaborasi ini diharapkan dapat memajukan industri fashion Indonesia dengan pemanfaatan teknologi. 

"Kami sangat mengapresiasi pihak penyelenggara IFW 2024 yaitu APPMI yang sudah memberikan kesempatan bagi Tokopedia untuk berkolaborasi," kata Fashion Category Development Senior Lead Tokopedia, Vivi Kosidin. 

Baca Juga: Sambut Ramadhan, Mothercare & Gingersnaps Gelar Fashion Show di Plaza Indonesia Fashion Week 2024, Koleksinya Cocok untuk Baju Lebaran Anak!

Baca Juga: Road to MUFFEST+ 2024, Ada yang Beda dari Biasanya Nih Beauty, Kepoin Yuk!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.