Menu

Cuaca Ekstrem Rentan Bikin Bibir Kering dan Gatal, Beauty Harus Tahu Nih Cara Mengatasinya, Bukan Hanya Pakai Pelembap!

31 Januari 2024 21:20 WIB
Cuaca Ekstrem Rentan Bikin Bibir Kering dan Gatal, Beauty Harus Tahu Nih Cara Mengatasinya, Bukan Hanya Pakai Pelembap!

ilustrasi bibir kering (Pinterest/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu ngerasa gak jika saat ini musim memang sudah memasuki musim hujan, tapi terkadang cuaca pun terasa sangat panas, bisa dikatakan jika saat ini cuaca ekstrem karena kadang panas banget, kadang dingin dan berangin.

Rupanya hal itu bisa mempengaruhi kesehatan tubuh, kulit, dan tubuh lho Moms. Selain membuat kamu gampang sakit, ternyata cuaca yang tak menentu bisa bikin bibir jadi kering bahkan kering, lho. 

Daripada bingung, yuk simak beberapa penyebab bibir kering dan gatal dari dr. Riza Marlina pada 31 Januari 2024 berikut ini.

1. Cuaca ekstrem

Beauty, hati-hati karena saat ini sedang cuaca ekstrem lho. Perubahan suhu dari yang sangat panas, ke berangin kencang, lalu suhu jadi dingin jika terjadi terus menerus bisa membuat bibir jadi kering, bahkan gatal karena pecah-pecah Moms.

2. Kebiasaan buruk

Nah, ternyata bibir kering dan gatal pun bisa disebabkan oleh kebiasaan yang kamu lakukan sendiri lho, itu adalah kebiasaan menjilati bibir. Selain itu, kebiasaan bernafas melalui mulut, lalu karena kekurangan cairan pun bisa bikin bibir jadi gatal dan kering.

3. Alergi

Beauty, hati-hati karena alergi maupun iritasi yang disebabkan oleh mengkonsumsi makanan tertentu atau obat-obat bisa bikin kulit jadi kering dan gatal. Selain itu, penggunaan pewarna bibir atau obat kumur, lalu kebiasaan menggigit bibir pun bisa bikin bibir jadi gatal karena iritasi.

Baca Juga: Ternyata Pelembab Gak Cukup! Ini Tips Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah dengan Mudah, Mau Coba Buktikan?

Baca Juga: 3 Kebiasaan 'Remeh' Ini Bisa Bikin Bibir Kamu Sehat dan Merah Merona, Kepoin Yuk Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan