Menu

Jangan Abai! Ini Biang Kerok Area Selangkangan Gelap dan Gatal, Catat dan Mulai Ubah Yuk Moms!

01 Februari 2024 07:00 WIB
Jangan Abai! Ini Biang Kerok Area Selangkangan Gelap dan Gatal, Catat dan Mulai Ubah Yuk Moms!

Ilustrasi wanita sedang nyeri selangkangan. (Freepik/wayhomestudio)

HerStory, Jakarta —

Masalah selangkangan yang gelap dan gatal seringkali menjadi mimpi buruk bagi wanita. Pasalnya, hal itu bisa menimbulkan rasa tak percaya diri dan bisa mengganggu penampilan lho Beauty!

Area selangkangan yang menghitam tak selalu disebabkan oleh kurangnya kebersihan saat mandi. Dokter N.K Yeni Dhana Sari, SpOG dari Ciputra Medical Centre mengatakan ada beberapa alasan yang membuat area pada lipatan tubuh ini cenderung lebih gelap.

"Warna gelap memang tidak menunjukkan adanya gangguan yang sedang terjadi. Tapi memang karena beberapa faktor bisa menyebabkan pigmentasi yang berlebihan sehingga membuat area selangkangan menghitam," ujarnya dilansir dari laman sindikasi konten suara.com pada Kamis (1/2/2024).

Salah satu faktor yang menjadi penyebab hitamnya area selangkangan adalah obesitas. Yeni menerangkan bahwa penumpukan lemak yang terjadi pada orang yang mengalami obesitas memicu gesekan antar kulit.

"Akibat gesekan yang terjadi terus menerus, kulit menjadi kering sehingga memicu hiperpigmentasi dan akhirnya menghitam," imbuhnya.

Penyebab lain, lanjut Yeni, adalah faktor hormonal. Hormon yang tak seimbang bisa mempengaruhi kondisi kulit. Kondisi ini biasa terjadi saat menstruasi atau hamil.

Baca Juga: Gejalanya Gatal Banget! Intip Yuk Cara Mandiri untuk Atasi Iritasi Kulit di Selangkangan, Penting Jaga Kebersihan Badan Moms

Baca Juga: Cerahkan Area Miss V Jadi Tren, Aman Gak Sih Menurut Ahli? Tiati Ya Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.